WeCreativez WhatsApp Support
Hubungi kami via Whatsapp!
Ada yang bisa Admin bantu?

Tips Menjaga Cicilan KPR Tetap Ringan

Jangka waktu KPR meliputi 5, 10, 15, hingga 25 tahun. Pilihan tersebut dapat dipilih berdasarkan kemampuan serta kondisi finansial. Biasanya lama jangka waktu KPR, apakah panjang atau pendek, dapat ditentukan oleh bank atau orang selaku pihak yang mengajukan KPR. Nah, untuk Cicilan KPR, dapat disiasati agar pembayarannya menjadi lebih ringan atau lebih cepat lunas.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan skema pembiayaan pembelian sebuah rumah atau properti dengan cara cicilan melalui bank. Biasanya, pembeli perlu membayar uang muka atau DP (down payment). Besarnya DP akan ditetapkan oleh pengembang atau bank tempat mengajukan KPR. Berkisar antara 0-30% dari total harga rumah.

Besaran DP akan memengaruhi jumlah cicilan selanjutnya. Semakin besar DP yang dibayar, tentu akan semakin ringan beban cicilan selanjutnya. Meski demikian, besaran cicilan tidak hanya ditentukan oleh besarnya DP, tetapi dapat juga dari bunga pinjaman dan jangka waktu. Semakin lama jangka waktu cicilan, maka total bunga pinjaman yang dikenakan juga semakin besar.

Namun, cicilan KPR dapat diperingan seperti beberapa cara di bawah ini. Silahkan pilih salah satu yang dirasa paling pas untuk meringankan beban keuangan di kemudian hari.

  • Pelunasan Hutang Pokok Sebagian Cicilan KPR

Cara tersebut dapat digunakan untuk meringankan cicilan. Bunga dan durasi cicilan KPR memang sudah ditentukan sejak awal perjanjian dengan pihak bank. Namun, dalam perjalanannya, cicilan ini bisa dibuat menjadi lebih ringan. Pelunasan sebagian pokok utang dapat meringankan total cicilan bulanan secara signifikan.

Salah satunya dengan menggunakan dana tambahan seperti bonus atau hasil usaha lainnya. Dana ini dapat digunakan untuk mempercepat pelunasan sebagian utang KPR, jadi pokok utang akan berkurang.

Jika belum ada dana tambahan, dapat juga dengan refinancing atau pembiayaan ulang. Meode ini adalah langkah menggunakan pinjaman baru untuk melunasi pinjaman lama. Refinancing dapat diajukan ke bank yang sama atau bank lainnya. Namun biasanya, syarat dan administrasinya akan lebih mudah jika menggunakan bank yang sama.

Dalam proses refinancing, bank akan melunasi sisa cicilan KPR termasuk biaya penalti jika ada. Kemudian, uang yang telah dikeluarkan oleh bank tersebut dapat dicicil dengan cicilan baru dan rentang waktu yang lebih panjang. Jadi tentu saja jumlah cicilan baru akan lebih ringan ketimbang cicilan lama.

Cara tersebut merupakan metode standar, yaitu dengan mengurangi pokok kredit. Akibatnya implikasi pada porsi bunga yang dibayarkan cicilannya setiap bulan lebih berkurang. Sehingga beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok.

  • Pindah ke Bank Lain

Strategi lain yaitu dengan pindah ke bank lain yang menawarkan bunga KPR yang lebih kecil, atau disebut take over. Ketika melakukan take over, Ada baiknya untuk menghitung ulang komposisi angsuran sesuai dengan kemampuan agar lebih meringankan, sehingga pelunasan cicilan KPR cepat selesai. Namun, ada yang penting untuk diperhitungkan saat melakukan take over yaitu biaya tambahan atau penalti, misalnya 1% dari sisa pokok.

  • Pelunasan Lebih Awal

Jika kondisi keuangan pribadi mulai meningkat, permintaan kepada bank untuk memperbesar cicilan dapat dilakukan. Mungkin tidak harus setiap tahunnya, misalnya per 3 atau 5 tahun sehingga jangka waktu bisa turun. Sehingga akan lebih pendek dalam waktu pelunasan.

Kombinasi cara pertama dengan cara kedua dapat dilakukan. Artinya, setelah mengalihkan cicilan ke bank lain, saatnya untuk menambah alokasi dana untuk mempercepat cicilan. Sehingga, keuntungan gandapun dapat diperoleh, yaitu masa kredit lebih cepat dan beban bunga lebih ringan.

Keputusan untuk melunasi cicilan KPR dengan

lebih cepat tetap perlu untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugiannya. Jangan hanya ingin mengejar lunas. Perlu untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan nasabah. Dan perlu diperhatikan juga, ada beberapa bank yang menerapkan penalti jika nasabah mempercepat pelunasan cicilan KPR.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment