WeCreativez WhatsApp Support
Hubungi kami via Whatsapp!
Ada yang bisa Admin bantu?

Faktor Penting yang Mempengaruhi Nilai Jual Rumah

Salah satu jenis bisnis properti yang selalu ramai oleh peminat adalah rumah. Hal ini karena nilai jual yang dimiliki sebuah rumah bisa dibilang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis properti lainnya.

Nilai jual rumah anda didasarkan pada beberapa faktor yang juga bergantung pada seorang pembeli. Tetapi, setiap pembeli memiliki persepsi dan selera berbeda. Misalnya, satu keluarga mungkin mempertimbangkan faktor lokasi seperti sekolah dan pekerjaan di atas ukuran dan kondisi rumah.

Bagi anda yang memiliki niat untuk menjual atau rumah, perhatikanlah harga jual rumah dengan penuh perhitungan. Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh pada nilai jual rumah. Berikut beberapa faktor penting yang mempengaruhi nilai jual rumah:

  • Usia dan kondisi

Faktor penting yang pertama dalam mempengaruhi nilai jual rumah adalah usia dan kondisi rumah. Anda perlu memikirkan tentang usia dan kondisi rumah. Rumah baru akan terjual lebih banyak daripada rumah lama karena biasanya membutuhkan lebih sedikit perawatan. Namun, rumah tua yang terawat dengan baik juga dapat dijual sama seperti rumah baru. Ada beberapa syarat-syarat penting untuk hal tersebut. Hal-hal seperti fondasi rumah, integritas struktural, listrik, pipa ledeng, dan perlengkapan lain yang patut dipertimbangkan. Merenovasi rumah merupakan salah satu jalan terbaik yang dapat anda ambil apabila akan menjual rumah.

  • Ukuran dan daya tarik

Ukuran serta daya tarik juga berpengaruh pada nilai jual rumah. Beberapa calon pembeli rumah bahkan secara teliti melihat harga per kaki persegi untuk menentukan nilainya. Rumah yang lebih besar cenderung dijual dengan harga lebih tinggi. Anda juga harus mempertimbangkan daya tarik rumah, tata letak tradisional dan netral cenderung membawa nilai lebih daripada tata letak tidak jelas yang hanya menarik bagi pembeli khusus. Semakin umum daya tarik rumah, semakin besar nilainya.

  • Surat-surat rumah

Faktor penting yang kedua adalah kelengkapan surat-surat rumah. Pembeli tentu menginginkan legalitas dari rumah yang akan anda jual. Jadi, persiapkanlah seluruh kelengkapan surat-surat rumah seperti akta jual beli, IMB, sertifikat hak milik, dan lain sebagainya. Jika, surat-surat rumah telah terpenuhi, tentu hal tersebut dapat meningkatkan nilai jual rumah anda.

  • Lokasi

Lokasi rumah adalah faktor paling jelas yang memengaruhi nilai properti salah satunya nilai jual rumah. Apakah dekat dengan pusat kota? Apakah di lokasi tepi laut yang dicari? Apakah dekat dengan transportasi umum, toko, sekolah, dan restoran? Orang-orang pada umumnya ingin tinggal di dekat tempat mereka bekerja dan di mana mereka menikmati waktu luang mereka, sehingga rumah di wilayah ini akan lebih mahal.

  • Lingkungan

Lingkungan adalah salah satu faktor penting dari nilai jual rumah yang bertanggung jawab atas aspek kualitatif serta daya tarik rumah. Misalnya, kualitas sistem sekolah dan harga rumah cenderung berkorelasi kuat. Hal ini disebabkan oleh lingkungan sekolah yang selalu ramai oleh orang-orang. Sehingga, kualitas sekolah memengaruhi nilai rumah secara signifikan. Demikian pula, tingkat kejahatan berkorelasi negatif dengan nilai jual rumah di lingkungan sekitar. Tentu saja karena tidak ada orang yang ingin memiliki rumah yang selalu dikelilingi kejahatan. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan lingkungan sekitar anda dengan baik, agar pembeli merasa nyaman setelah membeli rumah anda.

  • Kondisi pasar

Kondisi pasar perumahan saat ini juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi nilai jual rumah. Harga rumah dibentuk oleh penawaran dan permintaan, seperti aset ekonomi lainnya, dan dapat berfluktuasi berdasarkan perubahan kecil dalam perekonomian

di daerah anda. Misalnya, jika ada kekurangan rumah yang tersedia di suatu daerah sehingga banyak orang yang ingin pindah ke daerah anda, maka harga rumah akan naik.

  • Aksesibilitas

Faktor penting yang terakhir dalam mempengaruhi nilai jual rumah adalah aksesibilitas. Anda sebaiknya memperhatikan lokasi rumah yang terkait dengan akomodasi dan fitur lainnya. Misalnya, rumah yang dekat dengan lokasi perbelanjaan, dan rumah dengan akses mudah ke jalan raya utama, cenderung menjual lebih banyak daripada rumah yang jauh dari segalanya. Semakin banyak waktu yang anda habiskan untuk melihat, menilai, dan membandingkan rumah di bidang keahlian spesifik maka semakin baik anda dalam membuat proyeksi yang akurat tentang potensi nilai jual rumah.

Demikianlah beberapa faktor penting yang mempengaruhi nilai jual rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment