WeCreativez WhatsApp Support
Hubungi kami via Whatsapp!
Ada yang bisa Admin bantu?

Tips Membersihkan Rumah untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Ketika pandemi virus corona menyebar ke seluruh dunia, inilah saat yang tepat untuk memahami bagaimana pembersihan rumah dapat membantu pencegahan penyebaran penyakit dan apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi di rumah anda.

Virus corona dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui tetesan air liur ataupun cairan tubuh lainnya yang melayang di udara setelah batuk atau bersin. Benda dan permukaan yang terkontaminasi juga berperan dalam penularan penyakit. Tidak sepenuhnya jelas peran apa yang mereka mainkan dalam menularkan virus corona ini, tetapi mereka memainkan peran penting untuk virus terkait seperti SARS dan MERS. Namun, masuk akal jika sesuatu yang terkontaminasi virus dapat menularkannya, misalnya jika seseorang menyentuh benda yang terkontaminasi lalu menyentuh hidung, mulut, atau wajahnya.

Pembersihan untuk mengurangi jumlah kontaminasi pada permukaan benda dapat membantu mengurangi risiko penularan virus corona. Berikut tips membersihkan rumah untuk pencegahan penyebaran virus corona:

  • Menyemprotkan Desinfektan

Tips membersihkan rumah untuk pencegahan penyebaran virus corona yang pertama adalah menyemprotkan desinfektan. Membersihkan dan menyemprotkan desinfektan pada permukaan yang sering tersentuh di rumah anda secara teratur merupakan tindakan pencegahan yang penting untuk menurunkan risiko terinfeksi.

Ikuti petunjuk produk pembersih untuk penggunaan yang aman dan efektif, termasuk tindakan pencegahan yang harus anda lakukan saat mengaplikasikan produk, seperti memakai sarung tangan dan memastikan anda memiliki ventilasi yang baik.

Setiap rumah tentu berbeda, tetapi permukaan yang sering tersentuh secara umum meliputi: Gagang pintu, meja, kursi, pegangan tangan, permukaan dapur dan kamar mandi, keran, toilet, saklar lampu, ponsel, komputer, tablet, keyboard, remote control, dan lain sebagainya.

Jika permukaan kotor, bersihkan dulu dengan sabun atau deterjen dan air. Kemudian gunakan produk disinfektan yang mengandung alkohol sekitar 70 persen atau pemutih. Di banyak tempat, sulit menemukan semprotan dan tisu desinfektan. Jika demikian, lanjutkan membersihkan dengan sabun dan air.

Penting untuk tidak menghapus larutan pembersih begitu anda mengaplikasikannya ke permukaan. Banyak produk desinfektan, seperti tisu dan semprotan, harus dibiarkan basah di permukaan selama beberapa menit agar efektif. Selalu baca petunjuk untuk memastikan anda menggunakan produk seperti yang disarankan dan untuk menghindari kerusakan barang sensitif seperti ponsel dan perangkat elektronik lainnya.

  • Pembersihan rutin

Tips membersihkan rumah untuk pencegahan penyebaran virus corona yang selanjutnya adalah melakukan pembersihan rutin. Sudah menjadi hal yang wajar jika setiap ruangan dalam sebuah rumah harus selalu dijaga kebersihannya. Seperti menyapu dan mengepel lantai, membersihkan jendela, mengelap meja, dan lain sebagainya.

Namun, apabila sudah terlanjur terjadi dalam pandemi yang berlangsung seperti sekarang ini, Anda perlu melakukan pembersihan rutin secara maksimal dalam kegiatan bersih-bersih di tempat tinggal anda. Misalnya dengan menambahkan penyedot debu atau mengepel lantai dengan menggunakan asam karbol dengan kandungan antiseptik.

  • Pencahayaan matahari

Tips membersihkan rumah untuk pencegahan penyebaran virus corona yang terakhir adalah memaksimalkan pencahayaan matahari yang masuk ke rumah anda. Selain menyemprotkan desinfektan dan melakukan pembersihan rutin, rumah yang anda tinggali juga harus mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. Anda dapat melakukannya dengan memberikan akses untuk masuknya cahaya ke setiap ruangan di dalam rumah anda. Contohnya dengan membuka pintu, jendela ataupun ventilasi.

Hal tersebut dapat memberikan manfaat pada tubuh yang tersinari cahaya matahari seperti menambah vitamin E serta mengurangi penyebaran virus. Bermanfaat sekali bukan?

Demikianlah tips membersihkan rumah untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Stay safe and stay healthy!

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment