3 Keuntungan Menggunakan Ventiasi Silang di Rumah!

Ventilasi udara adalah bagian yang paling penting dari suatu rumah. Fungsinya tidak hanya untuk melancarkan sirkulasi dari udara, namun juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan suhu dan juga kelembapan dalam rumah. Salah satu sistem ventilasi yang paling baik untuk rumah adalah ventilasi silang.

Sistem ventilasi silang berfokus pada sistem sirkulasi udara dengan cara membuat banyak ruang terbuka di bagian-bagian tertentu sebuah bangunan agar udara dapat mengalir dengan baik. Ruang terbuka ini dapat berupa pintu dan jendela. Dengan menggunakan sistem ini, akan menjaga kualitas udara dan suhu dalam rumah.

Alasan mengapa sistem ventilasi silang ini penting untuk menjaga kualitas suhu ruangan adalah karena udara dapat mengalir dari dan ke luar ruangan secara berkelanjutan. Sehingga tidak akan ada pengendapan dalam ruangan. Udara akan masuk melalui jendela dan langsung mengalir memalui pintu maupun jendela lain yang berada di seberangnya. Posisi sangat penting untuk memastikan aliran udara agar tidak tersendat.

Lantas, apa saja keuntungan lain jika rumahmu menggunakan ventilasi silang? Yuk simak artikel dari My Property Indonesia berikut ini!

  • Mengurangi Penggunaan AC

Menggunakan AC adalah cara yang paling praktis untuk menjaga suhu serta kualitas dari udara dalam rumah. Namun, penggunaan AC ini tentunya akan menghabiskan energi dan membengkakkan biaya listrik karena harganya yang tidaklah murah. Untuk itu, solusinya adalah dengan menggunakan ventilasi silang untuk menjaga suhu.

Dengan menggunakan ventilasi silang, kamu dapat mengurangi penggunaan AC dalam rumah. Apalagi jika kamu memiliki ventilasi alami, kamu tidak akan perlu lagi menggunakan AC di dalam rumahmu.

  • Cahaya matahari banyak yang masuk ke dalam rumah

Sistem dari ventilasi silang yang menggunakan jendela-jendela besar dengan bukan yang besar juga akan memungkinkan rumah tersebut untuk mendapatkan cahaya matahari yang lebih besar dari biasanya. Dengan banyaknya cahaya matahari yang masuk, kamu akan memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan maupun psikologis.

Adanya pancaran sinar matahari yang alami akan membantu kamu dan keluarga yang tinggal dalam rumah tersebut dapat hidup lebih sehat. Apalagi dengan adanya jendela besar ini akan menjadi sumber cahaya alami yang cukup pada siang hari sehingga kamu juga akan menghemat biaya listrik.

  • Menghemat biaya

Seperti yang sudah diketahui selama ini, kita semua sangat bergantung pada tenaga listrik. Padahal, pada masa-masa global warming kita harus menghemat energi juga karena sumber daya energi yang semakin terbatas.

Dengan menggunakan sistem ventilasi silang ini, kamu tidak perlu khawatir untuk pengeluaran biaya listrik yang membengkak akibat dari penggunaan AC dan lampu yang berlebihan.

Pemasangan ventilasi silang yang ideal tidak bisa sembarangan, Diperlukan analisis zona udara pada sebuah bangunan dimana hal tersebut harus mempertimbangkan jalur angin juga yang akan melewati rumah nantinya. Jika diperlukan juga, kamu bisa berdiskusi dengan ahlinya untuk mengetahui posisi jendela dan pintu yang tepat untuk rumah kamu.

Itulah keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan jika rumahmu menggunakan sistem ventilasi silang. Dengan menggunakan sistem tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti dapat mengurangi penggunaan AC, mengurangi penggunaan lampu di siang hari serta biaya listrik.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat! Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lain juga. Di My Property Indonesia kamu akan menemukan berbagai informasi seputar properti yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Padjadjaran

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment