3 Tips Menjaga Kelembaban Rumah

Sebagaimana fungsinya rumah yaitu sebagai tempat berlindung, kita pasti selalu mengandalkan rumah dalam banyak situasi, seperti hujan, kemarau, berangin, siang ataupun malam. Setiap musim memiliki keunikannya tersendiri. Misalnya saja situasi saat hujan.

Hujan seringkali membawa keteduhan, membuat hijau tanaman di sekitar rumah, memberi ketenangan dengan rintiknya, atau membuat hangat suasana keluarga karena semua bernaung di tempat yang sama.

Namun, terkadang juga hujan membuat keadaan rumah tidak nyaman, seperti keadaan rumah yang lembab karena tidak ada sinar matahari, tembok lembab bahkan sampai berjamur, atau juga jika ada banjir dan menggenangi rumah.

Nah, sobat My Property Indonesia, bagi kamu yang memiliki rumah lembab dan ingin menjaga kelembabannya supaya rumah awet tahan lama, tetap cantik dan menawan mata, coba simak 3 tips menjaga kelembaban rumah berikut ini:

• Buka Jendela Rumah

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat menghadapi rumah yang mulai lembab adalah dengan terus membuka tirai secara teratur. Biarkan cahaya matahari terus masuk dan menghangatkan rumah yang kamu tinggali.

Betapa jendela sangat penting untuk kamu perhatikan karena jendela dapat menentukan kualitas sehat atau tidaknya rumah kamu. Jadi, coba mulai dengan hal sederhana untuk menjaga kelembaban rumah dengan membuka jendela rumah secara teratur, agar rumah tidak cepat lembab dan berjamur.

Gunakan alat Dehumidifier

Langkah lain yang bisa kamu gunakan untuk menjaga dan menghilangkan kelembaban rumah adalah dengan menggunakan alat Dehumidifier. Alat ini sangat bermanfaat untuk kamu gunakan jika rumah kamu termasuk rumah yang berada di lingkungan padat penduduk sehingga sinar matahari tidak cukup masuk ke rumah kamu.

Selain itu, sesuai fungsinya untuk menjaga kelembaban rumah, Dehumidifier dapat menjadi alat yang bisa menjanjikan untuk menjaga dan membuat furniture, dinding, dan buku-buku di ruangan rumah kamu lebih awet dan tidak mudah rusak.

Namun, bagi kamu yang menginginkan udara di dalam rumah lebih bersih sehingga terasa nyaman, kamu juga bisa menggunakan alat yang bernama air purifier. Alat tersebut bisa membantu kamu untuk menyelesaikan masalah pada ventilasi, jika ventilasi di rumah kamu tidak berfungsi dengan baik.

• Gunakan Genting Kaca

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan genting kaca. Langkah ini sangat bermanfaat bagi kamu yang berada di lingkungan padat penduduk, atau berada di ruangan yang tidak memiliki jendela, namun ingin segera menjaga kelembaban rumah agar tercipta suasana nyaman. 

Genting kaca menjadi langkah yang efisien dan praktis untuk digunakan karena tidak memerlukan dana yang mahal. Kamu hanya perlu membeli genting kaca sesuai dengan kebutuhanmu di toko perlengkapan rumah yang kamu percaya.

Selain kegunaannya untuk menjaga kelembaban rumah, genting kaca juga bisa membuat rumah terlihat lebih terang, sehingga nyaman untuk kamu tinggali dan bisa menghemat penggunaan lampu yang berlebih saat pagi, siang dan sore hari.

Nah, Demikianlah 3 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembaban rumah kamu, sehingga rumah dapat terus sehat dan nyaman untuk ditinggali. Pastikan kamu menjaga kelembaban rumah dengan menggunakan setidaknya salah satu tips yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan rumah kamu, agar suasananya tetap nyaman.

Ayo kembangkan ide agar suasana rumahmu terlihat megah dan nyaman untuk ditinggali. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lainnya, ya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Website | + posts

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas