4 Tips Mendekorasi Ruang Belajar Anak

Pada masa pertumbuhan anak, orang tua memiliki peran yang sangat berarti dalam mengembangkan pengetahuan dalam memori anak. Karena pada masa pertumbuhannya, anak dengan mudah menyerap banyak hal-hal baru.

Tentulah sebagai orang tua, pasti ingin memberikan fasilitas yang terbaik untuk membantu tumbuh kembang anak. Salah satunya dimulai dari ruang belajar anak di rumah. Ruang belajar sangat penting untuk orangtua perhatikan karena bisa menambah kenyamanan, rasa percaya diri dan meningkatkan kreativitas bagi pola pikir anak.

Ada banyak furniture yang bisa kamu beli saat ingin mendekorasi ruang belajar anak. Namun, tetap utamakan prioritas ya, agar suasana ruangannya tetap nyaman sehingga fokus anak dapat terbagi dengan baik dan maksimal. Berikut adalah 4 tips yang bisa kamu perhatikan saat mendesain ruang belajar untuk anak di rumah.

• Gunakan Furniture yang Atraktif dan Edukatif

Hal pertama yang bisa kamu perhatikan adalah dengan menggunakan furniture belajar yang atraktif dan edukatif. Mengapa? Karena pada suatu ruangan, barang-barang yang atraktif dan edukatif bisa menambah rasa ketertarikan anak untuk berlama-lama berada di ruang belajarnya.

Dalam penataannya, peralatan yang edukatif juga bisa memudahkan anak untuk memperkaya pengetahuan baru dan mengingatnya dengan baik. Contohnya, dengan furniture bangku yang bermotif hewan, anak dapat mengingat dengan baik nama hewan tersebut, dan orangtua bisa menambah pengetahuannya dengan menceritakan fauna-fauna yang ada.

• Perhatikan Pencahayaan

Saat ruangan sudah diisi dengan furniture yang atraktif dan edukatif, orang tua juga perlu memperhatikan kualitas pencahayaan di ruangan. Pastikan tidak terlalu gelap, karena hal itu bisa membebankan penglihatan anak dan membuat matanya cepat lelah dalam belajar.

Pastikan pencahayaannya cukup dan nyaman. Selain cahaya yang didapat dari lampu, orangtua juga bisa memperhatikan cahaya yang masuk dari sinar matahari. Sehingga orangtua tidak perlu boros dalam hal listrik. Cahaya yang hadir dari sinar matahari juga menyehatkan ruang belajar anak, lho.

• Dekorasi Dinding yang Kreatif

Langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dekorasi pada dinding supaya terlihat lebih menawan. Dinding perlu didekorasi karena bisa menjadi ruang kreasi bagi anak saat berada di ruang belajarnya.

Cobalah diskusikan dengan anak tentang hiasan apa yang mereka inginkan untuk suasana ruangan belajar mereka. Cara tersebut bisa membantu anak agar terbiasa berpikir dan menceritakan hal-hal yang mereka pikirkan.

Dalam mendekorasi dinding pada ruang belajar anak, kamu juga perlu memperhatikan bahan-bahan yang digunakan, seperti bahan yang terkandung dalam cat, motif hiasan dinding, warna cat yang akan digunakan, dan lainnya. Pastikan bahwa semua bahan tidak memiliki bahaya pada kesehatan anak, dan motif desain dindingnya nyaman bagi anak untuk dilihat.

• Perhatikan Ukuran Furniture

Selain dinding, hal yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran furniture yang kamu gunakan. Pastikan semua barang yang ada di ruangan belajar anak bisa digunakan dengan aman. Jangan terlalu tinggi pada meja dan bangkunya karena itu bisa menyulitkan anak saat ingin duduk dan belajar.

Pada meja dan kursi juga jangan terlalu rendah, karena itu dapat membuat punggung anak terlihat bungkuk pada jangka waktu yang lama. Kemudian, kamu juga bisa gunakan rak buku yang mudah untuk anak jangkau. Hal ini bisa menambah rasa mandiri, karena anak bisa menyelesaikan masalahnya tanpa memanggil orang tua.

Bagaimana? Mendekorasi kamar anak ternyata bisa dijadikan mudah, kan? Ciptakan keseruan pada ruangan belajar anak. Tetap utamakan rancangan suasana yang edukatif dan kreatif, sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lainnya, ya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment