5 Kelebihan Investasi Tanah

Investasi tanah adalah salah satu jenis investasi yang semakin diminati oleh masyarakat. Ketersediaannya yang terbatas, namun dengan permintaannya yang tinggi, disertai harga yang terus meningkat setiap tahunnya, menjadikan investasi tanah ini berpotensi tinggi dalam meraih keuntungan. Walaupun pandemi Covid-19 belum juga berakhir, investasi tanah ini tetap dapat dijadikan pilihan oleh sebagian orang untuk memulai bisnis tanah untuk komplek perumahan, kavling, pertokoan, atau bisa juga untuk membangun rumah impianmu.

Selain itu, adanya peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, serta perkembangan kemajuan daerah perkotaan yang pesat, menjadikan kebutuhan terhadap tanah semakin ramai diminati. Hal tersebut menjadikan investasi tanah sebagai lahan yang tepat untuk berbisnis.

Walaupun salah satu jenis investasi ini banyak diminati oleh masyarakat, tetapi tak semua orang dapat langsung mengatur bisnis ini dengan baik, karena budget yang dibutuhkan cukup banyak. Meskipun hasil dari investasi ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun, kamu tetap harus cerdik dalam menentukan segala keputusan.

Namun, untuk kamu yang berminat untuk mulai berinvestasi tanah tak perlu merasa cemas, karena investasi ini cukup menjanjikan dari segi finansial serta kestabilan penawaran dan permintaannya. Jika masih kamu ragu, yuk simak 5 kelebihan investasi tanah dari My Property Indonesia dibawah ini!

  • Dari Tahun ke Tahun Capital Gain Meningkat Pesat

Permintaan akan tanah terus meningkat dari tahun ke tahun, namun ketersediaannya terbatas. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab dari harga tanah yang terus naik. Apalagi jika lokasi tanah yang akan kamu pilih berada di lingkungan strategis, memiliki potensi tinggi dan merupakan salah satu dari perencanaan pembangunan kota yang diawasi oleh pemerintah. Nah, disinilah kamu harus teliti dalam menentukan lokasi tanah yang tepat untuk investasimu. Jika kamu berhasil dalam menentukan lokasi tanah, maka kemungkinan besar capital gain-mu akan meningkat tajam dari waktu ke waktu.

  • Kurangnya Pesaing

Investasi properti adalah investasi yang menjanjikan. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba untuk terjun dalam dunia bisnis ini. Kebanyakan dari mereka membeli bangunan yang sudah jadi, seperti kosan, apartemen, perumahan, pertokoan, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadikan jenis investasi ini memiliki banyak pesaing. Berbeda dengan investasi tanah yang cenderung sedikit dalam pesaingnya. Jika begitu, kamu bisa mempertimbangkan untuk terjun dalam investasi tanah ini bukan?

  • Biaya Pemeliharaan yang rendah

Jika investasi bangunan memerlukan banyak biaya perawatan, seperti untuk renovasi, mengecat ulang, kebocoran, dan lain sebagainya, tentu berbeda dengan investasi tanah, karena inestasi tanah tidak memerlukan biaya-biaya tersebut. Biaya pemeliharaan untuk investasi tanah tidak terlalu banyak, seperti biaya untuk memangkas rumput, perawatan pagar, menyewa penjaga, dan lain-lain.

  • Aset Produktif

Salah satu alasan mengapa banyak orang berlomba-lomba dalam investasi tanah adalah agar kelak investasi tersebut dapat menjadi aset produktif. Maksudnya, kamu dapat memanfaatkan tanah tersebut untuk dijadikan bangunan suatu hari nanti, seperti pertokoan, kosan, cafe, dan masih banyak lagi. Cara ini merupakan jalan pintas apabila kamu ingin segera mendapatkan keuntungan. Namun, perlu dipertimbangan budget yang kamu butuhkan juga.

  • Investasi Jangka Panjang yang Terjamin

Jika kamu menginginkan investasi jangka panjang, maka kamu bisa menjadikan investasi tanah ini sebagai pilihan, karena investasi tanah merupakan investasi jangka panjang yang terjamin. Walaupun pandemi Covid-19 belum mencapai titik akhir, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan investasi yang satu ini. Namun, kamu tetap harus teliti dalam mengambil keputusan, karena ini akan menentukan langkahmu ke depannya.

Demikianlah 5 kelebihan investasi tanah dari My property Indonesia. Semoga dengan artikel ini, kamu dapat menemukan inspirasi dan mulai tertarik berinvestasi tanah. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lain. Jika kamu ingin menemukan berbagai informasi seputar properti yang sesuai budget kalangan muda, My Property Indonesia bisa kamu jadikan pilihan. Good luck!!

+ posts

I'm an English literature student at the State Islamic University of Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas