5 Kiat Membeli Rumah Secara Mudah

Harga properti  yang terus melambung  tinggi membuat kaum milenial kesulitan untuk membeli rumah . Padahal selain menjadi tempat hunian, rumah juga bisa menjadi salah satu instrumen investasi, loh. Karenanya, mendapatkan rumah dengan penawaran yang bagus menjadi sangat penting untuk dilakukan. Nah, untuk Anda yang berniat  membeli sebuah rumah, yuk simak 5 kiat membeli rumah berikut ini.

5 Kiat Membeli Rumah

Generasi milenial sering diidentikkan dengan generasi yang sulit untuk membeli rumah. Sebab, selain dianggap sebagai  generasi konsumtif, kenaikan upah yang diterima oleh generasi ini juga terbilang rendah. Namun, tidak ada kata tidak mungkin untuk Anda dapat memiliki hunian impian. Berikut kiat membeli rumah untuk generasi milenial.

1. Buat Skala Prioritas

Kiat membeli rumah yang pertama adalah membuat skala prioritas. Banyak generasi milenial yang terjebak dalam gaya hidup boros dan suka membeli barang-barang yang tidak penting hanya demi dianggap kekinian. Anda bisa memulainya dengan mengubah kebiasaan ini. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhanmu. Buat perencanaan yang matang dengan membuat target menabung.

Jika memungkinkan Anda bisa menglokasikan 30% dari gaji per bulannya untuk membayar DP rumah. Anda bisa menabung dalam bentuk deposito. Tabungan jenis ini hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Sehingga Anda juga tidak tergiur untuk menggunakan tabunganmu. Selanjutnya atur seluruh pengeluaran dengan melakukan pencatatan sehingga Anda bisa menabung lebih banyak.

2. Berinvestasi

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform investasi yang banyak beredar saat ini, seperti reksadana, fintech peer to peer landing, hingga investasi emas. Namun sebelumnya, pastikan platform yang Anda pilih merupakan platform yang sudah tersertifikasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya uang dari hasil investasi itu bisa Anda gunakan untuk modal membeli rumah.

3. Tentukan Tipe Rumah

Kiat membeli rumah selanjutnya adalah tentukan pilihanmu terlebih dahulu. Tipe rumah seperti apa yang hendak dibeli. Penting untuk melakukan riset sebelum melakukan pembelian rumah. Pahami lokasi rumah yang potensial dan cari tahu harga pasaran rumah di daerah tersebut.

Prioritaskan rumah yang berdakatan dengan akses jalan, lingkungan yang aman dan nyaman, dan berdekatan dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Mengetahui jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhanmu sangat penting dipertimbangkan untuk mendapatkan rumah yang diinginkan.

4. Memanfaatkan KPR

Dengan memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) maka impian untuk membeli rumah akan semakin mudah tercapai. Pilih KPR sesuai dengan budgetmu. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan promo-promo menarik yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan properti.

Anda bisa mengkonsultasikan skor kredit yang Anda miliki pada agen properti. Biasanya, agen properti akan menjelaskan mulai dari syarat, ketentuan, rasio hutang, dan nominal pasti dari properti rumah yang Anda inginkan. Dengan begitu, selain uang yang sudah mulai terkumpul, Anda juga sudah tahu langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

5. Kunjungi Pameran Properti

Kiat membeli rumah yang kelima adalah sering-seringlah mengunjungi pameran properti. Tujuannya adalah untuk mendapatkan promo yang tentunya dapat meringankan rencanamu untuk membeli rumah. Semakin banyak pameran rumah yang Anda hadiri, makin banyak pula yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum menjatuhkan pilihan.

Nah, beberapa kiat tersebut dapat memudahkanmu untuk mendapatkan rumah impianmu. Jangan ragu untuk menerapkan 5 kiat membeli rumah di atas dan yakinlah bahwa Anda pun bisa memiliki rumah di usia muda.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment