5 Tips Membuat Home Theater di Rumah Sendiri

Selama masa pandemi ini, beberapa diantara kamu pasti kangen untuk bisa menonton film di bioskop. Layar yang besar, suara yang menggelegar, dan kursi yang nyaman adalah beberapa pengalaman yang sulit tergantikan. Namun, semua pengalaman tersebut bisa kita dapatkan saat berada di rumah sendiri jika kita mempunyai home theater.

Dengan mempunyai home theaterdi rumah sendiri, hal ini membuat kamu yang sangat merindukan pengalaman menonton film di bioskop akan merasakan hal yang serupa saat menonton film pada home theater di rumah sendiri.

Lantas, bagaimana cara membuat home theater di rumah sendiri? Jika kamu tertarik membuatnya untuk di rumah, yuk simak tips-tips dari My Property Indonesia di bawah ini!

  • Pilih ruangan minim pencahayaan

Untuk menciptakan suasana bioskop yang sebenarnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih ruangan dengan pencahayaan yang minim. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa menutup sumber cahaya seperti jendela agar meminimalisir distorsi cahaya yang masuk dan juga mendapat pengalaman menonton yang sama seperti di bioskop.

  • Ukuran layar yang cocok

Layar pada bioskop identik dengan layar yang sangat besar yang hampir memenuhi seluruh dinding bagian depan. Untuk home theater, kamu bisa menyesuaikan tv dengan ruangan yang dipakai, dan disarankan untuk tv yang mendukung full HD agar mendapatkan pengalaman yang sama seperti di bioskop.

Namun, jika kamu ingin merasakan suasana yang sama seperti di bioskop, kamu bisa mengubah tv menjadi layar proyektor dan menyesuaikan layar tersebut dengan dinding ruangan agar terlihat memenuhi dinding ruangan yang dipakai untuk home theater.

  • Pilih speaker yang tepat

Selain layar yang besar, menonton di bioskop identik dengan suara yang menggelegar. Untuk mendapatkan hal yang serupa pada home theater, kamu bisa mengakalinya dengan membeli speaker yang jernih dan berkualitas.

Ada juga tips untuk meletakkan speaker agar menghasilkan suara yang serupa seperti di bioskop. Kamu bisa menempatkan speaker di area dekat layar, baik di samping maupun di bawah layar, juga tempatkan surround speaker di sudut ruangan ataupun di area belakang.

  • Perhatikan kebocoran suara

Ini adalah hal yang terpenting untuk mewujudkan membuat home theater di rumah sendiri, yaitu memperhatikan kebocoran suara dari luar ruangan. Home theater harus dibuat kedap suara agar suara dari luar maupun dari dalam tidak bocor.

Hal yang harus diperhatikan adalah celah-celah yang ada di ruangan seperti celah dari jendela maupun celah pintu. Kamu bisa menempatkan karpet tebal untuk menutup area celah pintu atau bisa juga dengan memakai papan gipsum untuk melapisi dinding agar kedap suara untuk pengalaman yang maksimal.

  • Desain ruangan

Setelah memilih ruangan, layar, speaker, dan meminimalisir kebocoran suara, hal terakhir yang tidak kalah penting adalah mendesain ruangan sedemikian rupa agar menyempurnakan home theater di rumah kamu sendiri.

Kamu bisa memilih sofa untuk tempat duduk agar membuatmu nyaman saat menonton film. Selain itu, kamu juga bisa menambah meja kecil di depan sofa yang berfungsi untuk menyimpan cemilan maupun minuman yang akan membuatnya tambah nyaman.

Itulah tips untuk membuat home theater di rumah sendiri. Semoga dengan tips tersebut, untuk kamu yang kangen dengan suasana menonton film di bioskop dapat menjadikan salah satu ruangan di rumah menjadi home theater yang nyaman setelah membaca artikel ini.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lain juga. Di My Property Indonesia kamu akan menemukan berbagai informasi seputar properti yang sesuai budget kalangan muda.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment