5 Tips Mengatur Denah Rumah

Tata letak rumah Anda adalah salah satu pilihan paling signifikan tentang rumah Anda. Terlepas dari apakah Anda tinggal di apartemen, rumah, ataupun tata letak kamar akan sangat bergantung pada gaya hidup Anda sendiri. Apakah Anda lebih menyukai rumah dengan satu lantai atau beberapa lantai.

Apabila Anda masih bingung dalam mengatur denah rumah, berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda memutuskan rencana yang tepat memiliki sebuah rumah impian.

  • Gaya Hidup

Tips mengatur denah rumah yang pertama adalah menyesuaikan dengan gaya hidup Anda. Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan. Seperti tata letak ruangan yang menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Sebagian besar keluarga yang memiliki anak kecil tentu ingin memiliki ruang pribadi di dalam rumah seperti kamar tidur dengan kamar mandi di dalamnya. Sedangkan, orang dewasa dan remaja cenderung lebih memilih kamar tidur terpisah satu sama lain. Apabila Anda sedang berburu rumah, faktor-faktor ini akan menjadi penting ketika memilih rumah untuk dipindahkan.

  • Ruang tamu

Tips mengatur denah rumah yang kedua adalah menentukan denah ruang tamu. Banyak denah lantai rumah berfungsi untuk menyambut tamu begitu mereka melangkahkan kaki melewati pintu depan. Sebuah foyer lebar yang terbuka ke ruang tamu dan ruang makan dengan denah terbuka dan berkelok-kelok akan menjadi sempurna untuk para tamu yang berkunjung. Namun, apabila Anda dan keluarga lebih tertutup, Anda dapat memilih ruang tamu formal yang bersebelahan dengan pintu depan. Hal ini akan memberikan mereka tempat untuk segera duduk dan merasa nyaman ketika berbincang dengan Anda.

  • Berapa lantai yang diinginkan?

Tips mengatur denah rumah yang ketiga adalah menentukan jumlah lantai yang Anda inginkan. Beberapa keluarga menikmati rumah dengan satu lantai. Beberapa rumah satu lantai cenderung mengelompokkan ruang tamu di tengah rumah dan kamar tidur serta kamar mandi terletak di sudut denah rumah. Sedangkan, rumah bertingkat memberikan manfaat tambahan berupa pemandangan indah yang menawan. Rumah bertingkat juga memberikan setiap anggota keluarga ruang mereka sendiri untuk memiliki privasi.

  • Aksesibilitas

Tips mengatur denah rumah yang selanjutnya adalah mengenai aksesibilitas. Apabila Anda memiliki anak-anak yang membutuhkan lorong ekstra lebar untuk berlarian, pertimbangkan faktor ini saat mengatur denah lantai. Rumah tua cenderung memiliki lorong yang lebih sempit. Ingatlah bahwa merenovasi adalah suatu pilihan tepat yang akan mengurangi beban di masa mendatang.

  • Denah luar ruangan

Tips mengatur denah rumah yang terakhir adalah merencanakan denah luar ruangan. Sebaiknya, Anda juga menentukan akan seperti apa denah luar ruangan yang menjadi keinginan Anda. Seperti beranda, kolam renang, taman dan lain sebagainya. Ketika mengatur denah lantai, tentukan seberapa sering keluarga Anda akan menggunakan fasilitas luar ruangan ini. Jangan lupa untuk melakukan perawatan terhadap fasilitas-fasilitas ini agar tetap memiliki fungsi yang terbaik.

Mengatur denah rumah memang dapat menyenangkan dan membuat frustrasi pada saat yang bersamaan. Nilai gaya hidup dan preferensi Anda terhadap bagaimana Anda menikmati hidup menjadi faktor penentu. Dengan kesabaran dan ketelitian, denah rumah impian Anda akan lebih mudah ditemukan.

Demikianlah 5 tips mengatur denah rumah dari Myproperty.id. Jadi, seperti apa denah rumah yang anda impikan? Apakah anda sudah menemukan inspirasi? Semoga tips ini dapat membantu anda dalam menentukan denah rumah. Good luck!

Website | + posts

My Property Indonesia adalah platform tipe C2C dalam bidang periklanan properti yang berfokus di Indonesia. Hampir semua jenis properti yang dijual dan disewakan bisa di iklankan di platform ini secara gratis dan berbayar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment