5 Tips Penting Sebelum Membeli Rumah

Memasuki tahun baru, banyak di antara kita sudah merangkai resolusi untuk melangkah lebih maju. Resolusi bisa saja berkarir, berjelajah, membuka atau mengembangkan bisnis, atau juga membangun dan membeli rumah impian.

Dalam membeli rumah impian, tahukah sobat My Property Indonesia, kalau semua harus dipertimbangkan dengan baik dan matang. Karena rumah, ialah tentang kenyamanan, keteduhan, ketenangan, juga hangatnya keceriaan yang bisa dirajut didalamnya.

Saat ini, banyak cara yang bisa kita tempuh saat ingin membeli rumah. Seperti mencarinya melalui laman di internet, melalui sanak saudara, melalui developer, atau dari website My Property Indonesia juga ya.

Berbagai cara itu tentu memiliki konsekuensi sisi baik dan buruknya. Namun, semua kembali lagi tergantung dengan prioritas kita masing-masing. Jika Anda memiliki banyak waktu, dan ingin menjalani proses dalam membeli rumah seorang diri, mungkin Anda akan memilih cara dengan mendatangi sendiri lingkungan yang Anda targetkan.

Atau, jika Anda tidak mau repot dengan melakukan survey lingkungan tempat Anda akan membeli rumah, Anda pasti akan mencarinya terlebih dulu di beberapa situs internet yang menyediakan informasi seputar jual beli rumah.

Apapun pilihannya, Anda pasti tahu yang terbaik ya. Namun, untuk menambah bekal bagi Anda yang baru akan membeli rumah untuk pertama kalinya, Anda bisa simak lima hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah. Diantaranya sebagai berikut.

1. Beli Rumah Sesuai dengan Kebutuhan

Hal pertama yang penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli rumah adalah, membuat daftar yang Anda butuhkan dalam sebuah rumah.

Misalnya, jika Anda sudah berkeluarga, fasilitas yang Anda butuhkan di dalam rumah adalah tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu dan ruang keluarga, dapur, dan sebagainya. Maka fokuskan prioritas yang sudah Anda tulis.

Sehingga, hal tersebut bisa membantu Anda untuk menemukan rumah impian dengan cepat, dan Anda bisa fokus untuk menentukan rumah yang Anda butuhkan, bukan hanya sekedar yang Anda inginkan.

2. Cari Tahu Kondisi Lingkungannya

Hal kedua yang juga penting Anda perhatikan adalah lingkungan sekitar tempat Anda membeli rumah. Misalnya, Anda bisa pastikan bahwa rumah yang akan Anda beli tidak berada di lingkungan yang rawan banjir atau longsor.

Kemudian, pastikan juga lingkungan rumah yang akan Anda beli, seperti tetangga atau areanya, juga aman dari kasus kejahatan, seperti pencurian, perampokan, tawuran antar warga, dan hal-hal buruk lainnya.

Jika Anda memiliki seorang anak, Anda juga perlu perhatikan cara bergaul anak-anak yang ada di lingkungan tempat Anda membeli rumah, hal ini sangat penting, karena lingkungan sangat mempengaruhi perilaku dan sikap anak menuju dewasa.

3. Jarak Rumah dan Akses Umum

Nah, hal ketiga yang juga penting Anda perhatikan adalah mensurvey jarak rumah yang akan Anda beli, dengan akses tempat umum, seperti rumah ibadah, transportasi umum, unit kesehatan, pasar, dan yang lainnya.

Pastikan semua akses umum yang Anda butuhkan, ada di sekitar rumah yang akan Anda tinggali nanti. Sehingga, saat dalam keadaan mendadak dan mendesak, Anda tidak lagi repot harus menempuh jarak yang jauh.

4. Perhatikan Kondisi Rumah

Jika Anda akan membeli rumah yang sempat ditinggali oleh orang lain, Anda juga harus melihat dan pastikan bahwa rumah yang dijual itu termasuk rumah layak huni. Lihat bagaimana kondisi genting yang dipakai, kekokohan tembok rumah, apakah lantai rumah stabil, atau cenderung miring, dan jika perlu periksa juga kondisi kebersihan kamar mandinya.

5. Harga Rumah Sesuai Penghasilan

Poin terakhir yang juga sangat penting untuk Anda prioritaskan, adalah jumlah biaya harga rumah yang harus Anda bayar. Setelah Anda sudah banyak menilai dan mensurvey 4 hal diatas, tentu keputusan akhir adalah kesepakatan harga rumah.

Jika antara fasilitas dan keperluan yang Anda butuhkan, dan harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan dana yang Anda miliki, Anda bisa sepakati kesepakatan jual belinya dengan mengikuti alur jual beli yang sah.

Nah, begitulah 5 tips yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda membeli rumah. Kemudian, jika Anda mau membeli atau menjual lahan, rumah dan bangunan lain, Anda bisa sertakan di laman My Property Indonesia. Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lainnya, ya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Website | + posts

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas