5 Tips Rahasia Menata Apartemen Kecil yang Wajib Kalian Tahu

Hi hi sobat MyPropertyId, apakah sekarang ini kalian menjadi salah satu penghuni apartemen yang berada di kota kalian? Setiap tahunnya trend apartemen memang semakin menjamur dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, termasuk juga apartemen kecil yang ukurannya tidak begitu luas. Banyak yang menggunakan apartemen kecil karena memiliki beberapa manfaat yang pastinya kalian rasakan jika menghuni apartemen kecil, antara lain biaya sewa yang lebih murah, ruangan yang minimalis dan cocok untuk kalian yang tinggal dengan anggota keluarga yang sedikit atau masih sendirian karena ingin hidup mandiri atau jauh dari keluarga.

–                                

Banyak yang beranggapan bahwa apartemen kecil harus berfokus kepada fungsionalitas daripada dekorasi di dalamnya. Tetapi, lebih baik apartemen kecil kalian didekorasi dan didesain sekreatif atau sesuai tema yang kalian inginkan, supaya bisa terlihat lebih enak dipandang dan seperti hunian modern saat ini. Yuk langsung aja kita simak tips berikut ini, supaya kalian bisa mengetahui tips apa aja yang harus diketahui sebelum mendekorasi apartemen kecil kalian:

  • Membuat Transisi Ruangan Apartemen yang Tepat

Kebanyakan para penghuni apartemen memilih konsep ruang terbuka untuk apartemen kecil milik mereka. Hal itu dilakukan supaya keseluruhan ruangan yang berada di dalam apartemen terasa lebih lapang dan luas. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya kalian menggunakan batas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Dikarenakan setiap ruangan pasti memiliki fungsi yang berbeda dan bisa diperlihatkan dengan jelas. Kalian bisa menggunakan sekat ruangan yang hemat ruangan, seperti rak-rak yang berisikan buku atau dekorasi ruangan atau membeli sekat ruangan yang cocok dengan dekorasi di setiap ruangan yang ada di apartemen kalian, tapi ingatlah untuk membeli yang ukurannya tidak memakan banyak tempat. Kalau kalian mau berhemat, solusi penggunaan sekat berupa rak-rak yang ada juga bisa dijadikan alternatif.

  • Gunakan Furnitur dengan Dualfungsi

Apartemen kecil memiliki ukuran di setiap ruangan yang terbatas, sehingga kita harus bisa menggunakan cara ini untuk bisa menghemat ruangan agar tidak terlihat sempit. Kalian bisa gunakan perabotan multifungsi yang cocok dengan kebutuhan kalian dan sesuai dengan dekorasi apartemen. Perabotan multifungsi ini sangat efektif untuk mengurangi jumlah perabotan yang seharusnya. Jadi, dengan adanya perabotan multifungsi, kalian bisa memanfaatkan luas ruangan lainnya untuk keperluan kalian.

  • Terapkan Konsep Storage Vertikal

Ketika memilih furniture khusus untuk storage, penting bagi kalian untuk memikirkan bentuk seperti apa yang akan digunakan, karena itu akan berpengaruh pada apartemen kecil kalian. Pilihlah storage dengan bentuk vertical alias memanjang dari atas ke bawah.  Penggunaan storage vertikal ini bisa menjadi solusi penghematan ruang terbaik terutama untuk apartemen kecil yang memiliki sedikit ruang. Manfaatkanlah storage vertical tersebut untuk meletakkan benda-benda yang sering digunakan, supaya ketika kalian membutuhkan benda tersebut, kalian bisa menemukannya dengan mudah di storage tersebut.

  • Memaksimalkan Penggunaan Pintu

Ketika kalian tinggal di apartemen yang kecil, kalian harus bisa memanfaatkan suatu barang supaya memiliki fungsi yang ganda, jadi tidak hanya memiliki fungsi utamanya saja, tetapi memiliki fungsi lainnya. Misalnya, kalian bisa memanfaatkan pintu apartemen, jadi pintu tersebut tidak hanya memiliki fungsi utama sebagai penutup suatu ruangan, tapi harus bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Kalian bisa menggunakan bagian pintu belakang untuk dijadikan tempat gantungan sepatu. Jadi, sepatu kalian tidak akan bercecer di lantai. Sehingga, itu bisa menghemat ruangan dan membuat apartemen kecil kalian terkesan lebih rapih.

  • Gunakan  Warna Netral atau Terang

Untuk kalian yang menghuni apartemen kecil, kalian harus bisa memilih warna yang akan digunakan pada apartemen, supaya bisa mendapatkan kesan lebih luas pada apartemen kecil kalian. Gunakanlah warna-warna netral pada dinding sampai dekorasi di apartemen kalian. Penggunaan warna netral yang tepat dan padu dengan dekorasi apartemen kalian, akan membuat ruangan tersebut terlihat luas. Gunakanlah warna-warna cerah yang bisa memantulkan cahaya sehingga akan menambah kesan lebih luas pada apartemen kecil kalian, warna yang bisa kalian gunakan, seperti putih, krem, atau abu muda untuk dinding, lantai dan perabot utama.

Itu dia tips-tips yang bisa membantu untuk menata apartemen kecil kesayangan kalian. Demikianlah untuk tips kali ini, semoga bisa membantu dalam menata apartemen kecil kalian menjadi terkesan lebih luas dan lega. Jangan lupa untuk mengunjungi tips-tips kami yang lainnya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Saya Olga Patricia mahasiswi aktif semester 3 di Universitas Indonesia jurusan Public Relation.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas