5 Trik Menata Rumah Minimalis Agar Tampak Luas dan Elegan

Rumah minimalis nan mungil kini sudah menjadi hal asing dalam keseharian, terlebih bagi masyarakat perkotaan. Perlu penataan yang cermat agar rumah minimalis tidak terlihat penuh dan sesak. Dengan menerapkan trik menata rumah minimalis agar tampak luas dan elegan, maka hunian nyaman dan terkesan lapang bukanlah hal yang mustahil untuk dimiliki.

Tingginya kebutuhan akan rumah dan semakin terbatasnya lahan, menjadi salah satu alasan bagi para mengembang untuk membangun rumah bertipe kecil. Meski berukuran kecil, namun rumah tipe minimalis dapat diatur sedemikian rupa sehingga tetap elegan. Para desainer interior saat ini banyak yang berbagi kiat untuk mengatur rumah mungil sehingga dapat menjadi inspirasi bagi para pemilik rumah mungil.

5 Trik Menata Rumah Minimalis Agar Tampak Luas dan Elegan

Pembagian ruangan secara tepat pada rumah minimalis sangatlah diperlukan. Sebagai contoh, apabila keluarga tersebut tidak sering menerima tamu dalam jumlah yang cukup banyak, sebaiknya ruang tamu tidak perlu dibuat besar. Hal ini bertujuan agar tidak menghabiskan banyak ruang dalam rumah. Berikut adalah 5 trik menata rumah minimalis agar tampak luas dan elegan.

  • Pemilihan Warna Cat Rumah

Pemilihan warna cat pada rumah minimalis sangat memegang peranan dalam menciptakan suasana rumah yang berkesan lapang dan elegan. Warna putih bisa menjadi pilihan agar rumah terkesan luas. Jika tidak terlalu menyukai warna putih, warna lain seperti krem atau warna-warna muda lainnya dapat menjadi pilihan untuk diaplikasikan pada rumah minimalis.

  • Maksimalkan Pencahayaan

Trik menata rumah minimalis yang kedua adalah pencahayaan ruangan. Ruangan yang terang akan terkesan lebih luas dan lapang dibanding ruangan yang suram atau gelap. Maksimalkan pencahayaan ruangan dengan pemberian jendela-jendela yang cukup luas sehingga memberi akses cahaya matahari untuk masuk dibanding dengan menggunakan penerangan lampu.

  • Pilih Perabot Simple dan Compact

Perabot yang simple dan compact akan meminimalkan penggunaan tempat untuk meletakkan perabot-perabot tersebut. Perabot berukuran besar sebaiknya dihindari untuk diletakkan pada rumah mungil. Kolong tempat tidur atau kolong kursi dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan dengan meletakkan kabinet di bawahnya. Selain itu, pilihan perabot yang sesuai juga akan memberikan kesan elegan pada ruangan.

  • Hindari Terlalu Banyak Sekat

Sekat-sekat yang ada di dalam rumah akan memberi kesan sempit dan penuh pada ruangan. Sebaiknya hilangkan sekat-sekat tersebut dan menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu. Semakin sedikit sekat yang ada di dalam rumah maka akan memberikan kesan rumah yang lapang. Sebagai contoh, penggabungan ruang keluarga, ruang makan dan dapur memberikan kesan masing-masing ruang menjadi luas.

  • Jaga Rumah Selalu Bersih

Trik menata rumah minimalis yang terakhir ini terlihat sederhana dan biasa saja. Namun tahukah bahwa rumah yang senantiasa bersih akan terkesan luas dan elegan? Selain itu, kebersihan rumah juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan para penghuninya. Rumah minimalis namun bersih tentu akan nyaman untuk ditinggali.

Memiliki rumah mungil namun nyaman dan elegan saat ini bukanlah sekedar impian. Pada konsep rumah minimalis, pemilihan barang-barang yang akan disimpan juga perlu diperhatikan. Barang-barang yang dirasa sudah tidak penting dan tidak berguna sebaiknya disingkirkan. Hal ini untuk menghindari penumpukan barang yang justru akan membuat ruangan menjadi terkesan penuh.

Diskusikan dengan pasangan untuk pengaturan setiap ruangan agar dapat mengakomodir keperluan masing-masing anggota keluarga. Rumah nyaman tentu saja akan membuat pemiliknya betah untuk tinggal di dalamnya. Demikianlah trik menata rumah minimalis agar tampak luas dan elegan. Semoga trik ini bermanfaat dan selamat menata rumah minimalis agar menjadi rumah idaman.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment