6 Kesalahan yang Sering Terjadi pada Dekorasi Rumah Kecil

Biasanya rumah-rumah dengan ukuran kecil berada di daerah perkotaan, karena saat ini lahan di perkotaan semakin terbatas dan semakin banyaknya bangunan gedung pencakar langit. Untuk mendekorasi rumah kecil supaya bisa terlihat luas, mewah, estetik dan lainnya itu bisa terbilang gampang-gampang sulit. Itu dikarenakan keterbatas ukuran ruangan dan jumlah ruang yang membuat dekorasi rumah kecil perlu memperhatikan beberapa hal agar dekorasi rumah kecil tidak terkesan sumpek dan membosankan. Untuk kalian yang memiliki rumah dengan ukuran kecil, kalian harus bisa mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada dekorasi rumah kecil, kira-kira apa saja sih? Yuk simak penjelasan berikut ini:

  1. Tidak ada konsep yang ditentukan

Untuk mendekorasi rumah perlu adanya konsep yang diinginkan dan dipilih sebagai acuan, tujuannya supaya dekorasi yang kita lakukan sesuai denga konsep yang kita inginkan dan terarah. Sebelum memulai melakukan dekorasi pada rumah kecil, seperti memilih warna cat, memilih furniture dan lain sebagainya, sebaiknya kita mengukur terlebih dahulu luas ruangan, supaya kita bisa lebih mudah menentukan warna cat dan dekorasi-dekorasi apa saja yang akan digunakan pada ruangan tersebut, yang pastinya harus disesuaikan dengan ukuran dari ruangan tersebut.

2. Pemilihan motif dan perpaduan warna yang tidak sesuai

Untuk mendapatkan kesan luas, pemilihan motif pada dinding harus sangat diperhatikan. Motif wallpaper yang berlebihan pada dinding akan membuat dinding terlihat penuh dan menimbulkan kesan sempit pada ruangan di rumah kecil tersebut. Selain itu, pemilihan warna pada motif wallpaper juga harus disesuaikan dengan barang-barang yang berada di ruangan tersebut. Untuk kalian yang ingin tetap menggunakan wallpaper pada rumah kecil kalian, usahakan untuk menggunakan yang sedikit motif dan dengan ukuran kecil, supaya tidak terkesan penuh pada dinding dan terlihat semakin sempit pada ruangan tersebut.

3. Mengabaikan cahaya matahari

Jangan pernah menghalangi sorot sinar matahari untuk masuk pada ruangan di rumah kecil kalian, karena dengan minim pencahayaan yang masuk pada rumah berukuran kecil, itu akan membuat rumah kecil tersebut terkesan suram dan pengap. Jadi, biarkanlah sinar matahari masuk dan supaya tidak terlalu menyilaukan, pasanglah tirai atau gorden tipis pada jendela di ruangan yang terkena sinar matahari yang cukup banyak,

4. Kesalahan dalam pemilihan furniture

Memilih sangat banyak furniture pada dekorasi rumah kecil kalian akan membuat rumah terasa semakin sempit. Untuk rumah kecil, furniture yang digunakan haruslah furniture yang memiliki fungsi ganda atau multifungsi. Sehingga, itu bisa mengurangi penggunaan furniture yang banyak dan tentunya lebih hemat.

5. Pemasangan hiasan dinding

Pemasangan hiasan dinding yang tepat bisa menambah kesan cantik dan memperindah dekorasi rumah kecil. Namun pemasangan hiasan dinding ini harus diperhatikan, bukan berarti semua sisi pada dinding bisa ditempeli dengan hiasan dinding. Kalian bisa tempatkan sebuah lukisan atau kolase bingkai foto besar di salah satu sisi dinding untuk mempermanis dekorasi rumah kecil milikmu, misalnya di bagian sisi tengah dinding ataupun di sisi atas.  Di samping itu, jangan menggantungkan lukisan kecil-kecil atau kolase foto pada setiap sisi, terutama jika foto atau lukisan tersebut tidak memiliki keseragaman tema, karena itu bisa memuat dinding terlihat penuh dan bisa menimbulkan kesan sempit pada ruangan tersebut.

6. Melewatkan customsized furniture

Jika kalian merasakan kesulitan dalam memilih furniture yang sesuai dengan rumah kecil kalian, maka langkah yang tepat adalah melakukan customsized furniture, apa sih itu customized furniture? Customized furniture adalah furniture yang dapat kalian pesan agar sesuai dengan kebutuhan dekorasi rumah kecil milikmu. Customized furniture ini juga memiliki beberapa manfaat seperti menghemat waktu, kalian tidak perlu mencari kemana-mana untuk menemukan furniture yang cocok di rumah kecil kalian. Selain itu, furniture tidak akan terlihat pasaran, karena dengan melakukan customized furniture maka furniture tersebut di desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan rumah kalian, jadi biasanya furniture yang dihasilkan akan berbeda dengan model yang ada dipasaran.

Itu dia kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada dekorasi rumah kecil. Demikianlah untuk sharing kali ini, semoga itu bisa membantu untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada dekorasi rumah kecilkalian. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lainnya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Saya Olga Patricia mahasiswi aktif semester 3 di Universitas Indonesia jurusan Public Relation.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas