6 Taktik Membeli Rumah Untuk Investasi

6 Taktik Membeli Rumah Untuk Investasi – Properti dijadikan instrumen investasi yang dipandang menjanjikan, menguntungkan, dan aman sejak dulu. Nilai investasi properti terus meningkat menjadikan orang berusaha untuk membelinya. Rumah adalah salah satu jenis properti yang banyak diinvestaskan.

Dari tahun ke tahun, rumah sebagai aset yang menguntungkan karena nilainya semakin tinggi dan terus meningkat. Rumah dijadikan tempat untuk mengalokasikan uang yang menguntungkan. Biasanya orang atau investor yang berinvestasi rumah akan mencari keuntungan dengan cara menjual kembali rumah atau disewakan.

6 Taktik Membeli Rumah Untuk Investasi

Dengan membeli rumah untuk investasi bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus yaitu pendapatan sewa dan capital gain (keuntungan modal). Namun, untuk mendapatkan 2 manfaat keuntungan secara optimal, ada hal yang harus dipertimbangkan ketika akan menentukan rumah yang akan dibeli. Berikut 6 taktik yang harus dipertimbangkan saat akan membeli rumah untuk investasi :

  • Mempertimbangkan Keuangan Yang Dimiliki Saat Akan Membeli Rumah

Ketika berencana membeli rumah tentunya harus mempertimbangkan keuangan yang dimiliki agar nantinya keuangan keluarga tidak merasa rugi. Perlu diingat untuk tujuan untama membeli rumah sebagai investasi yang menguntungkan sehingga keuangan keluarga tetap sehat dan bahkan mendapatkan keuntungan dari sewa rumah itu. Mempertimbangkan masalah keuangan untuk membeli rumah sangatlah penting.

Membeli rumah untuk investasi bisa dengan cara cash atau kredit tentunya sudah dengan pertimbangan matang.

Survey harga rumah agar bisa menghitung jumlah DP maupun cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. penting diingat untuk membayar cicilan jangan sampai memberatkan keuangan keluarga. Idealnya uang cicilan yang harus dibayarkan bisa diambil 30 % dari total penghasilan.

  • Menentukan Lokasi

Kunci dari keberhasilan investasi rumah adalah lokasi. Hal ini penting untuk dipertimbangkan jika tujuan dari membeli rumah sebagai investasi masa depan sebab rumah yang berlokasi strategis lebih banyak dicari oleh penyewa atau pembeli. Apabila lokasi rumah buruk dan tidak strategis akan kurang diminati dan sulit menarik penyewa maupun pembeli. Nilainya juga akan lambat dari rata-rata harga properti.

Faktor fasilitas di sekitar lokasi perlu menjadi pertimbangan supaya memudahkan aktifitas penyewa atau pembeli. Faktor fasilitas yang dipertimbangkan, antara lain sarana transpotrasi, fasilitas publik, keamanan, dan lokasi strategis. Jika membidik mahasiswa sebagai penyewa maka memilih lokasi yang berdekatan dengan kampus, lalu ketika membidik wisatawan tentu membeli rumah untuk investasi yang berlokasi berada disekitar tempat wisata.

  • Menyiapkan Modal DP Rumah

Apabila membeli rumah tidak secara cash tentunya ada DP  yang harus dibayar. Jika mampu membayar DP lebih besar dari minimal, maka pinjaman dan jumlah cicilan akan lebih rendah. Sekarang ini DP yang harus dibayarkan untuk sebuah rumah besarnya kisaran 10 – 20 %  dari harga jual. Untuk itu harus benar-benar dipersiapkan supaya lebih mudah dalam berinvestasi. Jangan tergiur harga murah tetapi legalitas rumah diragukan.

  • Berhati-hati Dengan Kenaikan suku Bunga

Jika membeli rumah untuk investasi dengan cara KPR harus memperhatikan suku bunga. Apabila melihat biaya ongkos yang dibutuhkan dalam KPR perumahan terlihat ringan di awal, tetapi seiring waktu berjalan ada kenaikan suku bunga yang bisa menjadi masalah baru. Untuk itu, perlu meminimalisisr total cicilan KPR agar tidak mempengaruhi dan menggerus pengeluaran bulanan.

  • Perhitungkan Margin Keuntungan

Mendapatkan keuntungan dari penyewaan rumah pasti akan menjadi pertimbangan ketika berinvestasi properti. Perhitungan ini jangan sampai merugikan atau tidak memiliki keuntungan lebih dari modal yang sudah diinvestasikan. Mulai mematok biaya sewa berdasarkan fasilitas yang diberikan kepada penyewa. Jangan sampai biaya sewa yang ditetapkan tidak bisa menutup biaya yang dikeluarkan serta biaya operasional lainnya.

  • Siapkan Asuransi

Asuransi yang disiapkan sebagai salah satu cara terbaik saat membeli rumah untuk investasi  sebagai pengalihan resiko jika terjadi hal buruk sehingga lebih tenang dan nyaman.

Dengan taktik yang diungkapkan di atas diharapkan saat membeli rumah untuk investasi benar-benar akan menguntungkan.

Website | + posts

My Property Indonesia adalah platform tipe C2C dalam bidang periklanan properti yang berfokus di Indonesia. Hampir semua jenis properti yang dijual dan disewakan bisa di iklankan di platform ini secara gratis dan berbayar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas