6 Tips Agar Wallpaper Dinding Rumah Lebih Awet!

Wallpaper dinding memiliki motif yang beragam dan menjadikan ruangan menjadi lebih berwarna. Apalagi wallpaper ini dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya. Namun, seringkali ditemukan meski baru beberapa tahun, banyak wallpaper kamar yang sudah terlihat kusam.

Oleh karena itu, butuh perawatan rutin agar lebih awet. Namun, alih-alih menjadi awet, justru bisa berubah menjadi jelek jika tidak dirawat dengan benar, karena perawatan dari wallpaper dinding perlu perhatian khusus.

–                                           

Lantas, bagaimana cara merawat wallpaper dinding agar lebih awet dan tahan lama? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

  • Perhatikan proses pemasangan wallpaper

Untuk merawat wallpaper dinding, kamu harus memperhatikan sedari awal saat proses pemasangannya. Walaupun terlihat mudah, lebih baik kamu menyerahkan proses pemasangan pada ahlinya. Kamu dapat meminta bantuan pada penjual kamar untuk pemasangannya karena biasanya mereka menyediakan untuk jasa pemasangan.

  • Cek kelembapan dinding

Mengecek kondisi dinding adalah hal terpenting saat sebelum memasang wallpaper dinding. Hindari memasangnya pada dinding yang lembap. Dinding yang lembap memiliki kandungan air yang dapat membuat wallpaper cepat rusak.

Cara untuk membuatnya lebih awet adalah dengan memperbaiki kelembapan dinding dengan memperbaikinya dengan melapisi dinding memakai cat khusus anti-lembap. Setelah itu, pastikan sebelum melakukan pemasangan, cek dinding tersebut untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel.

  • Cek permukaan dinding

Selain mengecek kondisi kelembapan dinding sebelum memasang wallpaper, kamu juga perlu mengecek permukaan dinding. Cob acari permukaan yang halus dan rata, karena semakin halus permukaan dari dinding, maka akan semakin rekat wallpaper dinding menempel.

  • Proses pengelaman merata

Setelah memastikan permukaan dinding halus serta rata, makan proses pengeleman juga perlu diperhatikan dengan benar. Proses pengeleman harus merata, karena jika tidak, wallpaper kamar tidak terlihat rapi karena ada beberapa bagian yang menggelembung.

Hal ini tidak hanya akan merusak keindahan, tapi akan menyebabkannya akan cepat rusak. Jika kamu ingin mengganti wallpaper lama dengan yang baru, jangan menumpuknya, kamu harus melepaskan dulu yang lama terlebih dahulu, baru kemudian menggantinya dengan yang baru.

  • Rajin membersihkan debu dengan kemoceng

Debu sangat mengganggu dimanapun dia berada. Salah satunya adalah debu yang menempel pada wallpaperUntuk membersih debu tersebut, kamu dapat menggunakan lap atau kemoceng yang berstruktur Swiffer atau kain elektrostatik kering agar debu yang menempel pada wallpaper mudah terangkat.

  • Membersihkan noda membandel dengan jeruk nipis

Jika kamu tidak sengaja mengotori wallpaper dengan noda yang sulit dibersihkan, kamu dapat menggunakan jeruk nipis untuk membersihkannya. Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis, lalu masukkan air perasan ke dalam air hangat. Gunakan air campuran tersebut dengan menggosokkannya pada bagian yang kotor menggunakan spons lembut.

Setelah itu, diamkan beberapa saat, kemudian lap noda tersebut memakai kain halus yang kering. Khusus teruntuk wallpaper dengan bahan kain, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat dengan campuran jeruk nipis yang sama.

Itulah cara merwat wallpaper dinding agar lebih awet dan tahan lama. Perawatan dari wallpaper harus dilakukan sedari awal agar tidak terjadi kesalahan sejak pemasangan sehingga perawatan wallpaper dinding akan mudah dilakukan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat! Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lain juga. Di My Property Indonesia kamu akan menemukan berbagai informasi seputar properti yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Padjadjaran

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas