7 Cara Mencegah Kerusakan pada Rumah ketika Musim Hujan Tiba

Musim hujan yang tiba di beberapa wilayah Indonesia, cenderung membawa kegembiraan bagi jutaan orang. Mulai dari petani yang menunggu hasil panen hingga anak-anak yang senang bermain di tengah-tengah hujan. Namun, hal ini juga bisa menjadi salah satu waktu paling menantang bagi pemilik rumah.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa rumah yang anda tinggali siap untuk menghadapi tantangan yang tidak terduga dari musim hujan ini. Berikut 7 cara mencegah kerusakan pada rumah ketika musim hujan tiba:

  • Lindungi dinding rumah

Cara mencegah kerusakan pada rumah ketika musim hujan tiba yang pertama adalah melindungi dinding rumah. Musim hujan identik dengan bau apek. Dinding menjadi rentan terhadap jamur dan pertumbuhan lumut, yang selanjutnya menambah bau apek. Dalam kasus seperti itu, anda dapat mengikis jamur dan menggunakan campuran pemutih dengan air untuk menyeka dinding. Pemutih tidak hanya berfungsi sebagai pembersih tetapi juga sebagai desinfektan, yang mencegah jamur tumbuh kembali.

  • Lindungi furnitur rumah

Cara mencegah kerusakan pada rumah ketika musim hujan tiba yang kedua adalah melindungi furnitur rumah. Apabila anda memiliki beberapa furnitur kayu, sebaiknya perhatikanlah cara perawatannya karena furnitur dengan bahan kayu tersebut dapat rusak oleh kelembaban. Untuk melindunginya, sebaiknya anda letakkan jauh dari pintu dan jendela. Hindari merenovasi rumah, terutama yang melibatkan penggunaan kayu selama musim hujan.

  • Perhatikan pintu rumah

Cara mencegah kerusakan pada rumah ketika musim hujan tiba yang berikutnya adalah perhatikanlah pintu rumah anda. Apabila anda memiliki pintu dengan bahan dasar kayu atau logam, perhatikanlah cara perawatannya. Pintu kayu memiliki kecenderungan untuk membengkak, karena peningkatan kadar air di udara. Anda dapat mengoleskan minyak di sisi pintu, untuk menghindari ini. Pilihan lainnya adalah menggunakan amplas, untuk menggosok bagian pintu yang tersangkut saat menutupnya. Pintu atau jendela berbingkai logam dapat dengan mudah berkarat karena lembab. Cara mudah mencegah karat adalah dengan mengecat pintu secara teratur.

  • Periksalah jendela rumah

Cara mencegah kerusakan pada rumah ketika musim hujan tiba yang berikutnya adalah memeriksa jendela rumah. Jendela-jendela di rumah memiliki paparan hujan yang maksimal dan jika tidak dirawat dapat menyebabkan kebocoran air. Anda dapat memilih jendela yang tahan lembab, menahan air hujan dan angin agar tidak bersentuhan dengan lapisan dalam jendela. Engsel adalah bagian jendela yang paling sering diabaikan. Pastikan engsel terpasang dengan benar, karena engsel memainkan peran penting dalam menghentikan rembesan air ke dalam rumah.

  • Suasana dalam ruangan

Udara yang lembab dan kurangnya cahaya alami menciptakan suasana dalam ruangan yang suram. Rembesan dan kebocoran juga berpengaruh pada estetika rumah. Untuk memastikan rumah anda terasa segar dan nyaman, jagalah agar tetap berventilasi baik. Buka jendela dan pintu agar udara segar dan cahaya alami masuk. Gunakan warna-warna cerah seperti kuning, oranye dan merah untukrumah anda. Manfaatkan lampu buatan semaksimal mungkin untuk memberikan tampilan rumah yang segar dan ceria.

  • Mencegah kebocoran

Mencegah kebocoran harus dilakukan tepat waktu, agar air hujan tidak menyebabkan kerusakan pada dinding dan atap rumah. Retakan yang menyebabkan kebocoran dapat melemahkan dinding dan menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Lakukan tindakan pencegahan dengan mengecat dinding rumah anda dengan lapisan kedap air.

  • Pemeliharaan kunci

cara mencegah kerusakan pada rumah ketika musim hujan tiba yang selanjutnya adalah pemeliharaan kunci. Sayangnya, sebagian orang hanya berpikir tentang pentingnya kunci tanpa mengetahui cara pemeliharaanya. Salah satu penyebab paling umum dari kerusakan kunci adalah perubahan cuaca. Oleh karena itu, pastikan kunci diperiksa setiap bulan. Jika kunci tidak berfungsi dengan baik, anda dapat menggunakan semprotan khusus, karena ini membantu menghilangkan debu yang terkumpul di bagian dalam kunci. Gunakan kain lembut untuk membersihkan permukaan kunci.

Demikianlah 7 cara mencegah kerusakan pada rumah ketika musim hujan tiba. Yuk, segera aplikasikan tips ini ketika musim hujan tiba!

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment