7 Tips Ini Sering Terlupakan Ketika Mendesain Ruang Tamu Kecil

Apakah kalian mempunyai rumah berukuran kecil? Nah pas banget nih trik ini bisa kalian jadikan acuan untuk mendesain rumah kalian yang berukuran kecil terutama dibagian ruang tamu. Walaupun memiliki rumah kecil, kalian juga bisa kok tetap menikmati ruang tamu yang membuat kalian semakin nyaman dan betah dirumah.  Asalkan kalian tahu bagaimana mendesain dan memilih dekorasi untuk rumah kecil kalian di setiap ruangannya termasuk ruang tamu. Yuk simak tips berikut ini, supaya kalian tahu apa saja trik-trik penting saat mendesain ruang tamu kecil rumah kalian  :

–             

1. Gunakan Warna Netral

Trik ini cukup populer dan banyak digunakan untuk mendesain ruang tamu berukuran kecil. Penggunaan warna netral yang tepat dan padu dengan dekorasi rumah kalian, maka akan membuat ruangan tersebut terlihat luas. Gunakanlah warna-warna cerah yang bisa memantulkan cahaya sehingga akan menambah kesan lebih luas pada ruang tamu, warna yang bisa kalian gunakan, seperti putih, krem, atau abu muda untuk dinding, lantai dan perabot utama.

 2. Trik Penggunaan Cermin

Trik ini memang cukup klasik, tapi sangat besar kemungkinannya berhasil untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu kecil kalian. Cermin punya efek memantulkan yang bisa membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas secara instant. Ketika menggunakan cermin, jangan sembarangan untuk menempatkannya. Tempatkanlah cermin ruang tamu dekat dengan sumber cahaya, karena nanti cermin akan memantulkan cahaya dan akan memberikan kesan luas pada ruang tamu kalian.

3. Perlihatkan Bagian Atas Ruang Tamu

Ketika kalian memiliki rumah kecil, usahakan langit-langit rumah kalian dibikin tinggi keatas. Itu dilakukan supaya menambah kesan luas pada setiap ruangan yang ada di dalam rumah kalian. Untuk ruang tamu kecil dengan langit-langit tinggi, kalian bisa menambahkan hiasan gantung di langit-langit tersebut, misalnya pemasangan lampu gantung yang unik atau mewah atau bisa juga memasang tirai panjang. Jadi, isilah ruang kosong di bagian langit-langit ruang tamu kecil kalian, supaya orang-orang yang berkunjung dan duduk di ruang tamu kalian yang kecil akan lebih fokus memperhatikan bagian langit-langit yang telah didekorasi tersebut.

4. Gunakan Rak Tinggi

Gunakanlah rak-rak tinggi vertical yang bisa kalian gunakan untuk meletakkan pernak-pernik, buku bacaan atau dekorasi ruangan yang berada di ruang tamu kecil kalian. Dengan begitu, kalian bisa lebih menghemat tempat dan terkesan lebih rapih dan tertata. Sehingga, kesan luas akan kalian dapatkan pada ruang tamu kecil kalian. Penempatan rak tersebut  bisa diletakkan di samping sofa atau belakang sofa, itu merupakan cara yang efektif untuk menambahkan visual yang indah sekaligus menambah fungsi storage yang sangat dibutuhkan di ruang tamu kecil kalian.

5. Gunakanlah Perabotan Multifungsi

Untuk kalian yang punya ruang tamu kecil, makan kalian harus bisa membuat ruangan tersebut agar tidak terlihat semakin sempit dengan banyaknya perabotan yang ada di ruangan tersebut. Gunakanlah perabotan yang memiliki manfaat ganda atau triple, sehingga bisa mengurangi jumlah perabotan yang ada di ruang tamu kecil kalian.

6. Dekorasi dengan Sentuhan Mewah

Bukan berarti ruang tamu kecil kalian tidak bisa tampil mewah. Itu bisa dilakukan kok, kalian bisa memberikan sentuhan mewah dengan memberikan warna keemasan pada dekorasi ruang tamu kecil kalian. Dengan begitu, ruangan akan nampak terkesan mewah dan glamor.

7. Jaga Kebersihan dan Kerapian

Trik ini memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, sangat simpel dan sederhana, tetapi memiliki manfaat yang cukup besar untuk ruang tamu kecil kalian. Ketika semuanya sudah selesai didesain, maka setiap harinya kalian harus membersihkan dan menata agar ruang tamu kecil kalian selalu bersih dan terlihat rapi. Jadi, ruang tamu kecil akan terlihat luas karena tidak adanya barang-barang yang berserakan memenuhi ruang tamu kecil kalian.

Itu dia tips-tips yang bisa membantu kalian untuk menata ruang tamu kecil yang ada di rumah. Demikianlah untuk tips kali ini, semoga bisa membantu dalam menata ruang tamu kecil kalian menjadi terkesan lebih luas dan lega. Jangan lupa untuk mengunjungi tips-tips kami yang lainnya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment