8 Tips Menata Ruang Makan Kecil di Rumahmu

Ruang makan adalah tempat untuk menyantap makanan bersama keluarga. Oleh karena itu, ruang makan menjadi salah satu ruangan yang paling penting di rumah. Ruang makan juga harus diperhatikan, apalagi jika rumah kalian berukuran kecil. Jadi, yang harus diperhatikan bukan hanya soal desain interior saja, scheme warna, konsep, sampai dekorasi untuk ruang makan harus dipilih secara saksama, untuk kalian yang masih bingung gimana cara menata ruang makan kecil, yuk simak tips berikut ini:

1. Gunakan hiasan dinding yang sesuai

Penggunaan hiasan dinding di ruang makan juga harus dimaksimalkan lho, kalian bisa menambahkan lukisan, lampu dinding ataupun hiasan dinding lainnya yang cocok untuk dinding ruang makan kalian. Tapi perlu diingat, jangan menggunakan hiasan dinding yang terlalu berlebihan, karena nanti akan menimbulkan kesan sempit pada ruang makan kalian.

2. Gunakanlah meja makan berbentuk bundar

Meja makan merupakan komponen utama yang harus ada di ruang makan. Untuk memilih bentuk meja makan harus disesuaikan dengan ukuran ruangan tersebut dan disesuaikan dengan tema yang kalian inginkan. Jika kalian memiliki ukuran ruang makan yang kecil, maka kalian bisa menggunakan meja makan berbentuk bundar, karena itu bisa membuat ruang makan tampak lebih lega dan fleksibel.

3. Bisa menggunakan meja lipat

Jika dirasa ukuran ruang makan kalian sangat kecildan terbatas, maka kalian bisa menggunakan meja makan lipat. Meja makan lipat ini sangat praktis untuk digunakan dan bisa menjadi solusi untuk mengatasi ruang makan kalian yang berukuran kecil. Setelah selesai makan, kalian bisa melipat kembali dan memindahkan meja makan lipat dengan mudah.

4. Penggunaan meja makan rendah

Terkadang rumah dengan ukuran kecil memiliki langit-langit yang rendah, tentu saja itu membuat ruangan di rumah tersebut termasuk pada ruang makan, akan semakin terkesan sempit dan kecil.  Solusinya, kalian bisa menggunakan meja makan yang rendah dengan kursi yang tidak tinggi juga. Dengan begitu, ruang makan akan terkesan lebih luas dan bisa memberikan kesan modern di rumahmu.

5. Gunakan kursi minimalis

Kursi merupakan elemen yang tidak bisa lepas dari meja, karena jika ada meja tanpa ada kursi ibarat ada sesuatu yang kurang. Begitu pula dengan ruang makan yang akan selalu ada meja dan kursi yang berpasangan. Untuk menata ruang makan kecil, kalian bisa menggunakan kursi makan berukuran minimalis. Penggunaan kursi minimalis bisa membuat ruangan menjadi lebih luas dan tidak banyak memakan tempat.

6. Pilihlah Rak untuk Menggantikan Lemari di Ruang Makan

Komponen lainnya yang biasanya ada di ruang makan adalah lemari piring, karena lemari piring dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan peralatan makan dan minum. Ruang makan dengan ukuran kecil, haruslah memperhatikan lemari makan yang akan digunakan. Jangan gunakan lemari makan yang besar, karena akan membuat ruangan terasa makin sempit. Kalian bisa menggunakan rak dinding sebagai pengganti lemari makan. Rak dinding ini bisa menghemat ruangan dan tidak banyak makan tempat. Selain hemat tempat, rak dinding yang ditata dengan baik juga bisa membuat ruang makan terlihat lebih rapih dan cantik.

7. Gantunglah cermin untuk membuat kesan luas

Cermin sebenarnya sangat jarang ada di ruang makan. Akan tetapi, untuk kalian yang memiliki ruang makan yang berukuran kecil, cermin bisa dijadikan solusi untuk membuat ruang makan kalian terkesan lebih luas. Selain cermin, furniture dari kaca juga bisa memberikan efek yang luas pada ruang makan kalian.

8. Gunakan furniture multifungsi

Penggunaan furniture pada ruang makan berukuran kecil harus sangat diperhatikan. Jika salah sedikit akan membuat ruang makan terkesan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan terkesan semakin sempit. Untuk itu, penggunaan furniture mutifungsi pada ruang makan kalian bisa menjadi solusi untuk menghemat ruangan. Sehingga, tidak akan banyak barang di ruang makan dan membuat ruang makan akan terasa lebih luas.

Itu dia tips-tips yang bisa membantu kalian untuk menata ruang makan kecil yang ada di rumah. Demikianlah untuk tips kali ini, semoga bisa membantu dalam menata ruang makan kecil kalian menjadi terkesan lebih luas dan lega. Jangan lupa untuk mengunjungi tips-tips kami yang lainnya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Saya Olga Patricia mahasiswi aktif semester 3 di Universitas Indonesia jurusan Public Relation.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas