Kenalan dengan Kelebihan Bisnis Properti

Bisnis properti beberapa tahun terakhir sedang naik daun. Kelebihan bisnis properti berupa keuntungan yang berlipat ganda tentu saja menjadi alasan beberapa orang untuk menekuni bisnis ini. Lalu apa yang dimaksud dengan bisnis ini? Bisnis properti adalah bisnis berupa bangunan, baik tempat tinggal, ruko, perkantoran, usaha, dan lain-lain. Bisnis ini tidak akan pernah mati, karena semua orang pasti membutuhkan bangunan selama masih hidup.

Terlepas dari keuntungan yang berlipat ganda, bisnis properti juga membuat orang berpikir matang untuk memulainya karena alasan utama, yaitu modal. Modal yang besar akan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Adapun kelebihan bisnis properti dapat dilihat pada uraian berikut.

  • Investasi jangka panjang

Jika Anda memiliki properti, maka kepemilikan terhadap properti tersebut tercatat sebagai aset usaha (aktiva tetap). Dengan meningkatkan jumlah aset, maka Anda juga akan lebih mudah mencapai kondisi finansial yang baik. Investasi pada bisnis ini pun bersifat jangka panjang.

  • Keuntungan relatif besar

Daya tarik terbesar dari bisnis ini adalah keuntungan yang besar. Selaras dengan modal yang besar, keuntungan yang dihasilkan pun akan jauh lebih besar. Setiap hari jumlah manusia akan terus bertambah yang tentu saja membutuhkan tempat tinggal yang menyebabkan nilai jual properti menjadi tinggi.

  • Pengelolaan tidak terlalu rumit

Pada umumnya bisnis properti tidak membutuhkan biaya manajemen tersendiri agar terus berjalan. Misalnya kita memiliki properti berupa rumah. Jika belum laku dijual, maka rumah tersebut bisa disewakan/dikontrakkan. Selama disewa,biaya pengelolaan atau perawatan rumah menjadi tanggung jawab pihak penyewa rumah.

  • Penghasilan rutin

Salah satu kelebihan bisnis properti adalah penghasilan rutin setiap tahun (kontrakan, kost-kostan, atau tempat usaha). Semakin strategis lokasi yang ditawarkan, maka harga pun semakin tinggi. Lokasi strategis adalah lokasi yang cukup ramai dan mudah dijangkau (dekat kampus, perkantoran, dan area public).

  • Harga meningkat setiap tahun

Setiap tahun harga jual atau sewa properti akan terus meningkat. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis ini (baik bagi pemilik bangunan maupun penghubung atau perantara). Tidak ada harga properti yang menurun. Jadi jika kita membeli properti sekarang, maka beberapa tahun kemudian harganya akan menjadi bekali-kali lipat.

  • Penurunan nilai (depresiasi)

Setiap bangunan akan mengalami penurunan nilai atau yang biasa disebut dengan depresiasi . Meskipun terjadi peningkatan nilai investasi properti, pemerintah mengizinkan semua investor untuk mengurangi pajak properti. Berdasarkan hal tersebut, investor dapat memperhitungkan keuntungan yang diperoleh saat melakukan penjualan suatu saat nanti.

  • Mengendalikan inflasi

Harga pemukiman dan kebutuhan pokok cenderung meningkat dari tahun ke tahun yang mendorong peningkatan inflasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memilih investasi properti (real estate) karena menunjukkan korelasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi lain.

  • Rendah resiko

Salah satu pertimbangan penting bagi pelaku bisnis adalah rendah resiko. Kelebihan bisnis properti yang tak kalah menarik adalah resiko yang cukup rendah. Hal tersebut disebabkan karena pergerakan dari nilai properti tidak sekencang dengan  kesensitifitasan saham. Oleh sebab itulah, investasi ini sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin mengambil resiko tinggi.

  • Terlihat secara fisik

Bisnis properti terlihat secara fisik sehingga menimbulkan rasa bangga tersendiri dan mengurangi nilai kekhawatiran akan keberadaan wujudnya. Para pemiliki bisnis ini tentu saja memperhatikan kondisi fisik agar tetap baik yang tentu saja akan menarik perhatian para calon klien dengan harga yang fantastis.

Terlepas dari semua kelebihan bisnis properti tersebut, tak menampik jika bisnis ini  juga memiliki beberapa kekurangan seperti, modal yang diperlukan cukup besar, rawan terjadi bencana alam ataupun terjadi kecelakaan, serta biaya transaksi untuk investasi tergolong sangat tinggi. Akan tetapi, jika Anda punya niat dan modal yang cukup, bisnis ini wajib jadi pilihan.

Website | + posts

My Property Indonesia adalah platform tipe C2C dalam bidang periklanan properti yang berfokus di Indonesia. Hampir semua jenis properti yang dijual dan disewakan bisa di iklankan di platform ini secara gratis dan berbayar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas