Kenali Beberapa Tipe Apartemen di Indonesia, Jangan Cuma Tau Tipe Studio!

Saat memutuskan untuk membeli atau menyewa sebuah apartemen, maka calon penghuni harus menentukan tipe apartemen yang cocok untuk gaya hidupnya. Seseorang yang masih lajang tentu mempunyai pilihan yang berbeda dengan yang sudah berumah tangga.

Memilih apartemen untuk tempat tinggal harus dipertimbangkan baik-baik. Berikut adalah beberapa tipe apartemen yang ada di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan:

  • Tipe Apartemen Studio, Paling Banyak di Indonesia

Apartemen dengan tipe studio paling banyak ditawarkan oleh pihak pengembang. Apartemen ini terdiri atas satu ruangan besar dan tidak memiliki sekat. Satu-satunya ruangan yang terpisah adalah kamar mandi.

Karena hanya memiliki satu ruangan besar, maka baik kamar tidur, ruang makan, ruang kerja, maupun ruang tamu semuanya berkumpul di satu ruangan tersebut. Fasilitas dapur yang tersedia biasanya hanya dipisahkan oleh lemari atau meja bar.

Tipe apartemen studio memiliki kelebihan, antara lain:

  • Praktis dan simple
  • Ruangan mudah dibersihkan
  • Mudah ditata

Apartemen studio sangat cocok untuk anda yang menyukai gaya hidup minimalis dan praktis. Para lajang atau pasangan yang baru menikah juga bisa menjadikan tipe apartemen ini sebagai pilihan tempat tinggal karena harga beli dan harga sewa yang ditawarkan biasanya lebih murah dibanding tipe apartemen lain. 

  • Tipe Apartemen Alcove Studio (Half Room)

Tipe apartemen ini mempunyai ukuran yang hampir sama dengan apartemen studio. Akan tetapi dari segi bentuk apartemen alcove studio sedikit berbeda karena berbentuk serupa huruf L. Apartemen studio hanya memiliki satu sekat, yaitu bagian kamar mandi. Sedangkan alcove studio memiliki dua sekat.

Adanya variasi bentuk seperti huruf L dan mempunyai dua sekat menjadikan apartemen ini memiliki kelebihan sebagai tempat hunian. Anda bisa memiliki ruang tambahan yang dapat dijadikan sebagai ruang tidur ataupun ruang lainnya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menata ruang dengan lebih baik dibanding apartemen tipe studio.

  • Tipe Apartemen dengan 1, 2 atau 3 Kamar

Tipe apartemen dengan konsep berkamar ini sangat cocok untuk anda yang berkeluarga dan mempunyai anak. Seperti layaknya sebuah rumah, apartemen ini mempunyai sekat yang memisahkan setiap ruangan.

Apartemen jenis ini ada yang memiliki satu kamar, namun ada juga yang terdiri dari 2 atau 3 kamar. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, dan tentu saja sesuai dengan budget yang dimiliki.

Selain kamar tidur, apartemen ini memiliki ruangan yang berfungsi sebagai ruang makan dan ruang tamu. Tipe apartemen ini mempunyai kelebihan dimana privasi masing-masing anggota keluarga akan lebih terjaga, dan penghuninya dapat merasakan aktivitas seperti di dalam sebuah hunian rumah.

  • Tipe Apartemen Loft

Tipe apartemen loft biasanya hanya memiliki satu ruangan yang besar dan terbuka. Secara konsep, apartemen ini sangat mirip dengan apartemen tipe studio.

Adapun yang membedakannya dengan apartemen studio adalah, apartemen loft didesain memiliki plafon dan jendela yang sangat tinggi dan memiliki sebuah loft (loteng). Loteng yang tersedia dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang ataupun ruang tidur.

Apartemen ini mempunyai kelebihan pada sirkulasi udara dan sistem pencahayaan alami yang sangat baik karena desainnya yang berlangit-langit tinggi. Beberapa apartemen memiliki karaterististik penggunaan bata ekspos dan balok sebagai penyangga yang justru memberi kesan natural pada ruangan.

Demikianlah beberapa tipe apartemen yang bisa menjadi pertimbangan saat hendak membeli atau menyewanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment