Langkah Menentukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Sebuah Bangunan

Membangun sebuah bangunan tentu membutuhkan persiapan yang matang agar hasil menjadi maksimal. Untuk itu penting menentukan rencana anggaran biaya (RAB) sebuah bangunan, agar dalam pengerjaannya sesuai arahan dan sebelum pengerjaan dapat diperkirakan biaya yang akan dibutuhkan.

Menentukan Rencana Anggaran Biaya (Rab)

Menentukan rencana anggaran biaya (RAB) adalah rencana banyaknya biaya yang akan dikeluarkan dalam membangun sebuah bangunan. Segala aspek yang berhubungan dengan keuangan dalam pembangunan tersebut dapat diprediksi dan diketahui dari hasil rencana anggaran biaya (RAB). Sebelum melakukan pengerjaan RAB berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Denah bangunan

Sebelum menentukan rencana anggaran biaya (RAB) terlebih dahulu denah bangunan harus jelas seperti apa yang diinginkan pemilik bangunan. Hasil RAB setiap bangunan akan berbeda, menyesuaikan dengan denah, model dan tipe bangunan yang diinginkan. Desain bangunan secara lengkap mulai dari segala sisi yakni tampak samping kanan, samping kiri, depan, belakang, hingga denah atap bangunan.

Desain bangunan yang telah lengkap akan mudah dalam menentukan rencana anggaran biaya (RAB). Apabila dalam mengerjakan desain gambar masih membutuhkan revisi, maka diselesaikan terlebih dahulu. Karena setiap desain gambar hasilnya akan berbeda dan agar kerja lebih efektif. Hal ini menjadikan fokus pada tahapan yang telah ada. Jika desain gambar telah selesai berlanjut pada RAB. 

  • Kebutuhan bangunan

Kebutuhan spesifikasi bangunan yang diinginkan juga menentukan rencana anggaran biaya (RAB). Tentu orang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan tipe bangunan yang diinginkan. Untuk itu harus ada penjabaran detail terkait hal ini.

Contohnya dari segi material, pemakaian lantai menggunakan keramik atau granit tentu akan berbeda hasilnya. Spesifikasi bangunan tersebut meliputi bahan material yang digunakan, kualitas anggaran pekerja bangunan dan biaya lainnya yang dibutuhkan selama proses pembangunan bangunan tersebut.

  • Perhitungan RAB

Jika data secara lengkap telah didapatkan, maka tahap selanjutnya adalah perhitungan rencana anggaran biaya (RAB). Hasil perhitungan yang baik adalah hasil yang mendekati realitas di lapangan nantinya. Meski besar kemungkinan untuk berbeda, namun selisih yang tidak terlalu banyak di antara keduanya.

  • Eksekusi RAB di lapangan

Setelah gambar desain bangunan dan hasil rencana anggaran biaya (RAB) telah selesai dikerjakan. Maka tahap selanjutnya yang terpenting adalah tahap pembangunan bangunan tersebut sesuai dengan gambar desain dan RAB yang telah direncanakan sebelumnya. Dalam tahap pengerjaan bangunan inilah yang terkadang terdapat kendala yang menjadikan hasil akhirnya di luar dugaan.

Contohnya, terjadinya bencana tentu sebagai kejadian di luar prediksi. Dalam hal ini hasil rencana anggaran biaya (RAB) dapat berbeda dengan data di lapangan. Meskipun dalam pembuatan RAB sudah ada anggaran lebih untuk hal-hal mendesak namun dalam hal ini tetap akan mengarah pada data yang sesungguhnya di lapangan pada saat pengerjaan bangunan tersebut.

  • Evaluasi RAB 

Setelah tahap eksekusi RAB di lapangan telah selesai di lapangan. Maka sebagai tahap terakhir adalah evaluasi rencana anggaran biaya (RAB), menurut data perhitungan RAB dengan data kebutuhan bangunan real di lapangan. Dari sini dapat dilihat selisih di antara keduanya.

Pada dasarnya rencana anggaran biaya (RAB) adalah prediksi kebutuhan yang akan digunakan dalam membangun sebuah bangunan. Dalam hal ini masih bersifat abu-abu. Namun jika tidak ada kendala berarti, hasil yang didapatkan antara perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) dengan hasil kenyataan akan sama atau kalaupun berbeda hanya selisih sedikit.

Menentukan rencana anggaran biaya (RAB) adalah untuk mengetahui prediksi kebutuhan yang akan dikeluarkan untuk membangun sebuah bangunan. Dengan adanya RAB yang telah jelas tentu akan banyak terbantu dalam hal menyiapkan dana. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya. Sehingga perencanaan yang matang akan menghasilkan bangunan yang berkualitas pula.

Website | + posts

My Property Indonesia adalah platform tipe C2C dalam bidang periklanan properti yang berfokus di Indonesia. Hampir semua jenis properti yang dijual dan disewakan bisa di iklankan di platform ini secara gratis dan berbayar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas