Mau Desain Ruangan Khusus Untuk Kucing Kesayangan? Simak Tipsnya

Hewan peliharaan, seperti kucing sering kali dihadirkan di rumah untuk menambah keramaian atau kehangatan suasana keluarga. Tingkahnya yang menggemaskan dan manja juga dapat menambah ketenangan pada orang-orang yang memeliharanya.

Selain itu, memelihara hewan peliharaan seperti kucing, juga dipercaya dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatan mental, dan mengurangi stress.

Namun, bagi kamu yang baru berpikiran untuk memelihara hewan peliharaan di rumah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, agar hewan peliharaan ataupun rumah yang dihuni tetap nyaman, dan terjaga kesehatannya.

Selain memperhatikan makanan, vitamin, dan vaksin agar kucing senantiasa sehat, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan juga kenyamanan tempat tinggalnya.

Beberapa orang memang ada yang hanya menggunakan alas, dan mempersilakan hewan peliharaan kucing untuk bermain dan beristirahat di setiap ruangan rumah. Namun, jika kamu merasa perlu untuk membuatkan ruangan khusus kucing, atau kandang bagi hewan peliharaan kucing, kamu bisa simak 4 tips berikut ini.

1. Perhatikan Cahaya dan Sirkulasi Udara

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan adalah tingkat pencahayaan dan sirkulasi udara pada kandang hewan peliharaan. Cahaya dan sirkulasi sangat penting agar udara di kandang tidak lembab atau terlalu pengap, sehingga bisa nyaman dan selalu sehat saat dihuni.

Kamu bisa perhatikan ukuran tinggi dan luas kandang yang sekiranya nyaman huni bagi hewan peliharaanmu, jangan terlalu rapat, perhatikan sirkulasi udara, dan perhatikan jenis kandang yang dipakai. Hindari penggunaan kandang seperti kayu, agar ruangan khusus kucing tidak cepat lembab.

2. Perhatikan Furnitur yang Digunakan

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah jenis furnitur yang diletakkan di kandang. Misalnya, jangan gunakan furnitur yang mudah pecah atau mudah terbakar, seperti mainan, gelas atau piring berbahan kaca, dan lilin yang menyala.

Pastikan kamu mempertimbangkan tingkat keselamatan dan kenyamanan hewan peliharaan di kandang, bukan hanya sekedar kemewahan atau estetika saja.

3. Sediakan Alas Tidur

Karena kucing merupakan hewan yang berbulu, maka poin ketiga yang penting kamu perhatikan adalah alas tidur. Alas tidur haruslah berbahan nyaman dan tidak merontokkan bulu pada kucing.

Terdapat jenis kain yang bisa kamu hindari agar bulu pada kucing kesayanganmu tidak rontok, seperti beludru, mohair, korduroi, veluour atau chenille. Dengan itu, pastikan kamu memilah dengan teliti, dan temukan jenis tekstil yang baik untuk menjaga bulu kucing sehingga tidak rontok.

4. Perhatikan Kebutuhan Pokoknya

Poin keempat yang juga sama pentingnya adalah memperhatikan kebutuhan pokok hewan peliharaan kucing. Karena kandang yang nyaman juga harus terdapat barang-barang pokok yang pasti diperlukan oleh kucing. Barang-barang itu seperti tempat makan, minum, bermain, atau tempat membuang kotorannya.

Pada tempat makan dan minum kucing peliharaan, terdapat dua opsi yang bisa kamu sesuaikan, misalnya tidak menaruhnya didalam kandang, sehingga saat selesai makan, kamu bisa langsung membersihkan tempat makan dan minumnya, dan tempatnya akan senantiasa bersih.

Atau opsi kedua, jika kamu mau meletakkan tempat makan dan minum di dalam kandang, kamu bisa taruh tempat makan dan minum itu disudut ruangan kandang, agar tidak terinjak dan tumpah. Sehingga kandang bisa tetap bersih dan nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan kandang yang terdapat pintu, agar kucing peliharaan kamu bisa keluar dan masuk tanpa harus mengeong terlebih dahulu. Hal ini bisa menambah rasa relax dan bebas, sehingga kucing peliharaan tidak merasa dikekang.

Kemudian, perhatikan juga tempat pembuangan kotoran, atau kamar mandi bagi kucing peliharaan kamu. Bimbing mereka untuk bisa memahami tempat mereka membuang kotoran, sehingga mereka tidak membuang kotorannya sembarangan. Kamu bisa secara rutin mengganti pasir yang ada di kamar mandi kucing peliharaanmu, agar suasana ruangan juga tidak bau.

Nah, itulah 4 tips bagi kamu yang mau membuatkan ruangan khusus kucing, atau kandang bagi hewan peliharaan kucing. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lainnya, ya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Website | + posts

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas