Mengenal Pondasi Karya Indonesia, Cakar Ayam

Dalam pembangunan, masing-masing dari kita pasti sudah memahami bahwasannya untuk membangun rumah atau sebuah bangunan, kita membutuhkan pondasi. Dalam kegunaannya, pondasi memiliki peran penting untuk menentukan kuat atau rapuhnya suatu bangunan yang dibangun. Oleh karenanya, diperlukan metode rekayasa konstruksi yang tepat untuk membuat pondasi, khususnya bagi bangunan yang besar dan bertingkat.

Mengingat sakralnya pondasi dalam suatu bangunan, tahukah kamu, bahwa pondasi cakar ayam merupakan pondasi yang akrab digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Pondasi ini biasa disebut sebagai konstruksi cakar ayam, yang merupakan metode rekayasa teknik untuk membuat pondasi bangunan.

Pondasi cakar ayam, merupakan jenis pondasi yang bentuknya seperti cengkeraman cakar kaki unggas ayam. Dengan bentuk cengkeram erat ke lahan dibawahnya tersebut, pondasi cakar ayam bisa membuat bangunan diatasnya menjadi lebih kuat.

Selain karena jenis pondasi ini yang dipercaya bisa membuat bangunan kokoh, masyarakat juga menyukai pondasi ini karena penerapannya lebih mudah. Selain itu, metode pondasi ini juga bisa diaplikasikan pada area khusus, seperti pada tanah yang bersifat lunak, rawa-rawa.

Untuk mengenal lebih jauh tentang pondasi cakar ayam, sejarah mencatat bahwasannya, pondasi cakar ayam sudah populer sejak 1961. Saat itu, jenis pondasi ini ditemukan oleh salah satu tokoh insinyur sipil Indonesia, cendekiawan, praktisi, ilmuwan dan guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Dr. Ir. Sedijatmo.

Pada mulanya, pondasi ini digunakan oleh PLN, yang harus mendirikan 5 menara listrik tegangan tinggi di daerah tanah berawa, sekitar Ancol, Jakarta, guna menyalurkan listrik dari Tanjung Priok ke Gelanggang Olahraga Senayan, sehingga pada tahun 1962 pesta olahraga Asian Games bisa dilaksanakan dengan lancar. Setelah kesuksesannya membangun lima menara, kemudian pondasi ini terus dipercaya untuk dapat diaplikasikan di berbagai jenis bangunan tahun 1961.

Dengan suksesnya penggunaan pondasi cakar ayam ini, kita dapat mengetahui, bahwasannya pondasi cakar ayam ialah wujud solusi bagi insinyur sipil yang mau mendirikan bangunan di atas tanah yang lembek, sehingga tetap kokoh, tidak mudah bergerak dan membuatnya ambles.

Pondasi yang hanya berisi beton padat dan kuat, juga menambah keuntungan pondasi ini sehingga tidak lagi membutuhkan drainase.

Dengan segala kelebihan pondasi akar ayam, ternyata tidak menjadikan setiap bangunan cocok menggunakan jenis pondasi ini. Untuk kamu yang ingin membangun rumah sederhana tidak bertingkat, kamu bisa menggunakan pondasi yang sesuai. Karena sampai saat ini, pondasi cakar ayam hanya digunakan untuk bangunan besar seperti gedung-gedung bertingkat, dan membutuhkan dana yang lebih mahal karena peralatan yang diperlukan lebih banyak dan rumit.

Nah, begitulah informasi mengenai pondasi cakar ayam dengan segala manfaatnya. Perlu kita garis bawahi, bahwasannya diciptakannya pondasi cakar ayam merupakan suatu kebanggaan bagi kita. Selain itu, kita juga bisa menemukan cara hebat untuk mendirikan suatu bangunan.

Kemudian, jika kamu mau membeli atau menjual lahan, rumah dan bangunan lain, kamu bisa sertakan di laman My Property Indonesia. Myproperty.id adalah platform pencarian properti di Indonesia, berdiri sejak tahun 2020. Tujuan didirikannya platform ini adalah untuk membantu para penyedia properti supaya lebih mudah memasarkan propertinya secara online. Selain itu juga membantu orang-orang yang sedang mencari properti untuk menemukan properti impiannya, baik itu berupa rumah, tanah, tempat kerja, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lainnya, ya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Website | + posts

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas