Mudah dan Minim Resiko, Jalankan Bisnis Sewa Kios

Beberapa tahun belakangan ini marak orang berinvestasi di segala bidang. Ada beberapa sebabnya. Iklim investasi yang makin cerah, bahkan asing pun berbondong-bondong mencari cara agar dapat berinvestasi di Indonesia. Salah satu di antara bisnis yang banyak diminati adalah bisnis properti. Apartemen, tanah, ruko, sampai kios sederhana. Bisnis sewa kios kian cemerlang.

Ada juga bisnis jual beli rumah, jual beli kos-kosan mewah, jual beli beli kios, dan yang akan dibahas di artikel ini adalah bisnis sewa kios. Ada beberapa alasan mengapa bisnis ini terlihat cukup menjanjikan bagi pemilik modal. Bisnis ini bila mau tahu sudah marak pula lho di pinggiran Jakarta, seperti di daerah perbatasan Depok. Kita tahu Depok merupakan perbatasan langsung dengan Jakarta.

Sekarang bahkan sudah merambat ke daerah setelah Depok yaitu Bojonggede. daerah sekitaran stasiun Citayam dan Bojonggede ini bisnis sewa kios sangat marak. Kurang lebih 10 tahun lalu tanah masih sangat murah, harga 400 ribuan, untuk tempat yang sangat strategis. Sekarang untuk tempat yang sangat strategis per meternya harga sudah di atas 1,5 juta. Sangat menjanjikan sekali kan.

Sekitar 2015, masih banyak tanah kosong dan pepohonan. Sekarang, 2020? Nyaris 75% tanah yang ada telah dibangun kios untuk disewakan. Ada lahan sedikit saja di halaman rumah, pemilik rumah membangunnya untuk bisnis sewa kios. Pasaran harga sewa kios 500 ribu ke atas. Itu kios sederhana, luas sekitar 2×3 meter atau 3×4 meter. Kios sederhana. Bila ada toilet kecil di dalamnya, sewanya 750 ribu / bulan.

Keuntungan bisnis sewa kios

Bila di daerah pinggiran Jakarta dan Depok saja sangat marak, maka mungkin anda tertarik dengan bisnis ini.

1. Uang lebih cepat berputar

Bisnis sewa ruko ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan bisnis properti lainnya seperti memiliki rumah, kontrakan, ruko, maupun apartemen. Bila memiliki aset berupa kios, maka cenderung akan lebih mudah disewakan karena biaya sewa cukup terjangkau untuk para pebisnis yang ingin mengembangkan usaha.

2. Biaya perawatan yang rendah

Bandingkan dengan rumah kontrakan, apartemen, ruko, biaya perawatannya jauh lho. Perawatan ruko yang hanya sepetak tentu lebh murah dan mudah kan. Tidak pusing dengan masalah genteng bocor, kabel listrik, pipa-pipa air, toilet mampet, dan lain-lain.

3. Resiko kerugian tidak besar

Memiliki kios untuk disewakan cenderung lebih sedikit kerugiannya. Karena kerusakan yang memang tidak banyak macamnya. Selain itu, bila ada satu dua yang menunggak sewa kios, ya tidak terlalu merugikan. Bayangkan dengan rumah kontrakan, dengan ongkos sewa yang sama ditambah biaya kerusakan-kerusakan alami maupun yang disebabkan oleh pihak yang menyewa rumah tentunya akan mengurangi keuntungan.

Perhatikan Hal Berikut Jika Mau Bisnis Sewa Kios

Yang perlu diperhatikan adalah kemudian ketika memang serius untuk menerjuni bisnis sewa kios ini adalah:

1. Memperhatikan lokasi.

Bila di tidak bisa mendapatkan tempat di jalan utama, setidaknya berada dalam perumahan sehingga bisnis sewa kios anda punya harapan ke depan yang lebih baik.

2. Berikan tarif yang wajar

Jangan mentang-mentang daerah ramai maka bisa semena-mena menggetok harga tinggi. Ya wajar memang tempat strategis mahal, tapi tetap harus pertimbangkan juga harga yang sesuai agar sama-sama enak dan nyaman berbisnis.

3. Tambahkan fasilitas

Bila ingin usaha bisnis sewa kios lebih lancar, harga lebih bagus. Coba pertimbangkan tambahan fasilitas untuk kios tersebut. Seperti wifi, kloset, berikan juga tempat yang bersih dan rapi untuk disewakan.

Demikianlah sekilas tentang bisnis sewa kios yang sedang marak saat ini. Agar bisnis kios bertahan lama tentunya harus bekali diri dengan pengetahuan tentang tren pasar saat ini. Lengkapi juga bangunan kios dengan surat-surat yang legal agar mudah bila dalam pengurusan apa pun. Selamat mencoba.

Website | + posts

My Property Indonesia adalah platform tipe C2C dalam bidang periklanan properti yang berfokus di Indonesia. Hampir semua jenis properti yang dijual dan disewakan bisa di iklankan di platform ini secara gratis dan berbayar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas