Panduan Property untuk Pengantin Baru

Menikah merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh sepasang kekasih. Momen spesial ini adalah awal baru yang segar bagi setiap pasangan serta awal kehidupan baru bersama. Idealnya setelah pernikahan, pasangan selalu berharap untuk pindah dari rumah masa kecil mereka. Kemudian, mulai membangun rumah baru untuk mereka bersama.

Ada beberapa panduan penting dalam mencari property untuk pengantin baru. Langkah apa saja yang harus dilakukan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini:

1.Buatlah list

Mulailah mendaftar secara individual semua keinginan anda serta pasanagn untuk sebuah rumah dari detail yang besar hingga yang terkecil. Semakin spesifik, semakin bermanfaat. Pastikan untuk menyertakan jawaban dari beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apa tujuan anda?

Mengapa anda membeli property seperti misalnya sebuah rumah? Apakah hanya sekedar untuk tempat tidur sementara sambil menabung untuk membeli rumah impian anda yang sebenarnya? Ataukah rumah impian yang akhirnya akan anda tinggali selamanya bersama pasangan? Anda pun perlu mengetahui apakah pembelian ini untuk jangka panjang atau jangka pendek.  Hal ini adalah salah satu faktor utama untuk anda diskusikan. Tujuan ini dapat memengaruhi pengambilan keputusan lainnya seperti anggaran, jenis rumah, ukuran, dan lain-lain. Setelah anda dan pasangan memutuskan, Anda dapat menghilangkan opsi lain yang tidak mengarah ke tujuan dan mulai melakukan langkah selanjutnya.

  • Seperti apa ukuran yang anda inginkan?

Akankah rumah ini menjadi rumah anda bersama pasangan selama beberapa tahun ke depan? Jika ya, apakah anda berencana untuk mulai hidup bersama keluarga baru anda di rumah ini? Berapa banyak anak yang anda rencanakan dalam periode tertentu? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu dalam menentukan property yang akan anda pilih bersama pasangan. Mengetahui semua kebutuhan dan memprioritaskannya sebelum keinginan anda, akan membantu dalam menghemat secara finansial. Hal ini juga akan membantu dalam mengidentifikasi apakah anda perlu memiliki ruangan yang besar atau apakah tempat dengan satu kamar tidur sudah cukup.

  • Seperti apa tampilan yang anda inginkan?

Pada pertanyaan inilah keinginan anda dan pasangan akan didiskusikan. Apakah salah satu dari anda ingin memiliki taman halaman belakang untuk menanam bunga atau tanaman lainnya? Apakah Anda ingin garasi di dekat gerbang atau tempat parkir? Haruskah tempat itu dilengkapi perabotan atau anda ingin mulai membeli perabot sendiri? Daftarnya akan terus bertambah, tetapi jangan ragu untuk mencatat semua detail yang mungkin ada. Daftar ini akan membantu mempersempit pilihan rumah dan tanah, apartemen, atau jenis property lainnya yang cocok untuk anda dan pasangan.

  • Berapa budget anda?

Berapa budget yang ingin anda keluarkan untuk rumah masa depan? Berapa biaya riil untuk anda dan pasangan dengan mempertimbangkan semua biaya hidup lainnya? Budget memainkan peran besar dalam pengambilan keputusan. Mengetahui budget akan membantu menentukan mana yang menjadi prioritas dan kebutuhan anda. Apakah anda memiliki tabungan atau mempertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman, mengidentifikasi kisaran harga akan memandu anda menuju rumah yang dibutuhkan.

  • Gaya hidup apa yang anda inginkan?

Setelah memiliki gambaran tentang rumah seperti apa yang anda cari, sekarang saatnya menentukan lokasi berdasarkan gaya hidup dan kebutuhan anda. Apakah anda ingin tinggal di dekat tempat kerja? Apakah anda akan memprioritaskan lingkungan yang tenang untuk kedamaian dan ketenangan? Atau apakah tinggal di dekat tempat wisata lebih menjadi prioritas? Kota atau pinggiran kota? Dekat toko atau dekat gym? Apakah banjir saat hujan? Kondisi lalu lintas, lingkungan, kebersihan, persediaan air, dan bahkan fasilitas internet. Hal ini hanyalah beberapa contoh pertanyaan yang perlu diperiksa saat mempertimbangkan suatu tempat. Harga property juga berbeda-beda karena bergantung pada lokasi. Pastikan untuk menemukan tempat yang nyaman untuk anda dan pasangan.

2. Diskusikan

Sekarang setelah anda dan pasangan memiliki daftar masing-masing, Diskusikanlah daftar tersebut secara seksama. Identifikasi hal-hal yang anda berdua sepakati dan juga bicarakan tentang perbedaan pandangan. Pisahkan kebutuhan anda dari keinginan. Manakah dari daftar tersebut yang tidak dapat dinegosiasikan? Munculkan daftar baru dan coba susun menurut prioritas.

3. Prioritaskan

Daftar prioritas  adalah kualitas yang harus dimiliki sebagai “rumah terbaik” untuk anda bersama pasangan. Inilah saatnya berkompromi dengan pasangan anda dan bekerja sesuai dengan budget yang tersedia.

Jika telah berhasil melalui langkah-langkah ini dan menghasilkan “daftar akhir” maka hal tersebut akan membantu anda menjadi lebih fokus saat berdiskusi dengan agen property.

Demikianlah tips membeli property untuk pengantin baru. Semoga tips di atas dapat membantu anda dan pasangan dalam memilih property yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Semoga sukses!

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment