Sumber Pembiayaan Proyek Properti

Proyek Properti tidak berbeda jauh dengan bisnis-bisnis yang lain, yakni sama-sama membutuhkan modal. Banyak yang beranggapan bahwa proyek properti merupakan bisnis high intensive capital atau bisnis padat modal. Benar, jika penilaiannya hanya dilihat dari sisi besarnya modal yang dibutuhkan untuk merealisasikan sebuah proyek.

Namun, jika dilihat dari sumber pendanaan proyek properti, anggapan tersebut sepertinya kurang tepat, karena sumber pendanaan tidak hanya berasal dari internal perusahaan pengembang, namun dapat juga dari sumber-sumber yang lain. Berikut sumber-sumber dana yang dapat a membantu pembiayaan proyek yang dikembangkan perusahaan developer.

1.    Manfaatkan Investor untuk Membiayai Proyek Properti

Dana investor individu maupun institutional fund, relatif lebih mudah diakses seiring dengan trend positif yang terus mewarnai bisnis properti di Indonesia.

2.    Memanfaatkan Kredit Perbankan

Ini merupakan sumber pendanaan paling besar dan likuid. Keuntungan mereka berasal dari perputaran uang nasabah. Oleh karenanya, bank membutuhkan orang-orang yang mengajukan kredit. Jadi, ada baiknya jika bank dijadikan partner.

Kredit Bank juga dapat menjadi sumber pembiayaan proyek properti, jika dana internal perusahaan tidak mampu membiayai keseluruhan proyek hingga final. Peluang ini terbuka dengan menggunakan fasilitas KPR Indent, yaitu pada saat rumah masih belum selesai dibangun atau masih indent, pengembang dapat mengajukan fasilitas KPR Indent tersebut.

Kredit bank lainnya juga dapat dalam bentuk kredit kontruksi. Kredit kontruksi dialokasikan untuk keperluan pembangunan proyek. Mulai dari pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial sampai dengan pembangunan unit proyeknya.

3.    Memanfaatkan Kontraktor

Perusahaan developer dengan modal yang terbatas, menjadikan kontraktor sebagai salah satu sumber pendanaan. Salah satunya dengan memakai strategi turn key project. Pengembang melakukan perjanjian kerjasama dengan kontraktor yang akan menggarap proyek properti, bahwa pembayaran akan dilakukan oleh developer kepada kontraktor jika proyek telah selesai dan diserahterimakan untuk ditindaklanjuti dengan akad kredit.

Melalui turn key project, keuntungan yang didapat developer adalah tidak mengeluarkan modal sama sekali untuk biaya pembangunan properti, karena semua biaya ditanggung oleh pihak kontraktor. Setelah pembangunan selesai, developer tetap membayar biaya pembangunan tersebut, namun tanpa menggunakan dana internal perusahaan yang terbatas. Dana untuk membayar kontraktor diperoleh dari pencairan KPR melalui pihak bank.

4.    Memanfaatkan Supplier

Tidak hanya kontraktor saja yang dapat dijadikan sebagai sumber modal, namun juga supplier material. Pembayaran supplier material yaitu dengan membayar seluruh material yang digunakan untuk pembangunan proyek setelah KPR dicairkan oleh pihak bank.

Pendanaan proyek properti seperti ini tidak sulit untuk dilakukan, jika kredibilitas perusahaan selama ini terjaga. Tentu saja akan banyak supplier material yang turut bekerjasama, apalagi jika developer memberikan harga material yang sedikit lebih mahal dibandingkan harga pasar.

5.    Uang Konsumen

Menjual proyek ketika unit belum dibangun adalah cara memanfaatkan uang konsumen untuk membiayai proyek. Hal tersebut kini wajar dilakukan apalagi saat ini developer sudah jarang yang menjual rumah dalam kondisi ready stock.

Pembayaran oleh konsumen dapat dalam bentuk pelunasan di awal atau dapat juga dalam bentuk uang muka atau DP. Kondisi yang paling bagus untuk keberlangsungan pembangunan proyek properti tersebut, tentu pembayaran cash oleh konsumen untuk unit yang belum dibangun.

Dengan demikian uang dari konsumen dapat digunakan untuk membangun rumah. Jadi developer tidak membutuhkan banyak dana untuk memulai proyek. Anggaran yang ada dapat digunakan untuk keperluan proyek lain.

Setelah mengenal 5 sumber dana yang dapat digunakan untuk membiayai proyek properti, menggunakan satu atau kombinasi dari berbagai alternatif sumber dana di atas tentu sah-sah saja. Tidak lupa untuk tetap perhitungkan secara cermat pilihan yang diambil dan kombinasi setiap pilihan yang akan memberikan keuntungan paling optimal.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment