Tips Desain Taman Bermain Anak Minimalis yang Seru dan Aman

Membuat taman bermain anak dapat menunjang tumbuh kembang anak dalam perkembangan motoriknya, apalagi si kecil yang sangat aktif dan tidak bisa diam. Dengan membuat taman bermain untuk anak, akan membuat suasana lebih ramai dan ceria.

Dibanding membawa mall atau taman komplek saat masa pandemi seperti ini yang kita tahun akan membahayaan si kecil, kamu dapat memanfaatkan halaman rumah untuk dijadikan sebagai taman bermain anak. Apalagi dengan bermain diluar rumah akan lebih sehat karena udara yang lebih segar dan dapat juga mengenalkan si anak dengan alam.

Jika kamu tertarik untuk membuat taman bermain anak minimalis yang seru dan aman, My property Indonesia punya tips untuk kamu yang ingin membuattaman bermain anak minimalis, yuk simak artikel berikut!

  • Rumput yang luas

Jika kamu mempunyai anak yang sangat aktif, kamu perlu mempertimbangkan untuk membuat groundcover pada taman bermain tersebut dengan rumput. Kamu bisa menggunaan rumput alami ataupun rumput sintetis, hal ini dilakukan untuk meminimalisir cedera pada anak yang sangat aktif tersebut.

Dengan membuat groundcover dari rumput ini, kamu bisa menyimpan tempat-tempat bermain di pinggir atau sudut taman sehingga area tengah dari taman bermain bisa menjadi area berlari untuk anak agar sisi motoric dari anak lebih berkembang dan meminimalisir cedera jika terjatuh.

  • Membuat perosotan

Jika kamu memiliki halaman dengan tanah yang kontur, jangan bingung bagaimana mengkreasikan halaman tersebut menjadi taman bermain anak. Justru dengan halaman dengan tanah yang kontur kamu dapat dengan mudah membuat perosotan alami untuk anak.

  • Manfaatkan sumber daya yang ada

Jika di halaman rumah kamu ada pohon yang besar dan rindang, kamu beruntung karena halamanmu akan terlindungi dari terik sinar matahari. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan pohon tersebut untuk membuat ayunan.

Tapi, utnuk membuat ayunan dengan mengikat talinya di dahan pohon, kamu perlu memperhatikan hal-hal seperti apakah dahan tersebut kuat untuk menahan beban si anak dan juga area di sekitar pohon apakah banyak serangga atau tidak.

  • Buat rumah pohon tanpa pohon

Jika di halamanmu tidak terdapat pohon yang dapat dijadikan rumah pohon, tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa membuat rumah pohon dengan menggunakan konsep rumah panggung untuk mengakali tidak adanya pohon di rumahmu.

Dengan adanya rumah seperti ini, dapat menjadikan tempat tesebut untuk tempat membaca, tempat istirahat, ataupun ruangan seni untuk menyalurkan kreativitas si anak. Dengan adanya rumah pohon ini, pastinya akan membuat si anak lebih betah karena mendapatkan tempat pribadi untuk kesenangannya sendiri

  • Membuat playground

Jika kamu punya taman yang luas namun tidak memiliki kreativitas untuk membuat alat-alat bermain yang sederhana untuk anak. Kamu bisa membeli playground untuk anak dan menempatkannya di halaman rumah tersebut.

Selain tidak perlu keluar rumah untuk bermain di playground taman ataupun mall, si anak dapat bermain di rumah karena punya playground sendiri. Dengan bermain dirumah, kamu dapat lebih tau bagaimana tumbuh kembang si anak.

Itulah tips-tips desain taman bermain anak yang seru dan aman untuk kamu buat di halaman rumah. Hal mudah dilakukan karena nyatanya tidak perlu halaman yang luas untuk membuat taman bermai tersebut sehingga kamu bisa membuat taman bermain anak sederhana untuk anak-anakmu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lain juga. Di My Property Indonesia kamu akan menemukan berbagai informasi seputar properti yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Padjadjaran

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas