Tips Desain Tangga Rumah Minimalis

Apabila anda memiliki rumah minimalis, tentu menentukan desain tangga rumah yang sesuai harus dengan perhitungan yang matang. Ruang yang tidak cukup luas terkadang mempersulit kreativitas dalam memilh desain tangga rumah impian anda. Ada beberapa tips yang dapat memberikan kesan luas terhadap rumah minimalis. Salah satunya adalah dengan menambahkan tingkat pada rumah tersebut. Sebagai penghubung antar tingkat pada rumah, tentu dibutuhkan desain tangga rumah minimalis yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Selain itu, ada beberapa hal-hal kecil untuk pemilihan desain tangga rumah seperti material, ukuran tangga serta warna yang sesuai untuk tangga rumah anda.  Sebelum menentukan desain, ada beberapa faktor penting dalam membangun tangga rumah yang tepat serta nyaman, diantaranya:

  • Bentuk

Sebelum menentukan desain tangga rumah, anda dapat menentukan bentuk tangga rumah terlebih dahulu. Tentukanlah bentuk tangga impian anda sesuai ruang yang anda miliki.

  • Letak

Perhatikanlah letak atau posisi tangga rumah anda. Alangkah baiknya untuk memposisikannya pada bagian rumah yang mudah diakses dari berbagai sudut.

  • Keselamatan

Hal yang tidak kalah penting adalah keselamatan dari tangga rumah yang akan anda pilih. Sebuah tangga rumah harus memperhatikan keselamatan bagi penghuni rumah yang menggunakannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan railing tangga yang terbuat dari besi ataupun kayu. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kecelakaan yang tidak diinginkan seperti terjatuh ketika menaiki atau menuruni anak tangga.

  • Kualitas

Berikutnya adalah kualitas dari tangga rumah yang akan dibuat. Anda sebaiknya memilih kualitas material yang kokoh serta dapat bertahan lama. Hal ini bertujuan agar tangga rumah yang anda miliki tidak cepat rusak atau memiliki ketahanan yang lama. Sebaiknya pilihlah material yang dapat menjamin kualitas serta ketahanan tangga rumah anda meski harganya sedikit mahal.

Berikut beberapa desain tangga rumah yang dapat anda jadikan referensi:

  • Desain Zigzag

Desain tangga rumah minimalis yang pertama adalah desain zigzag. Apabila anda memilih desain ini, maka anda dapat menghemat ruang pada rumah anda. Selain itu, desain ini memiliki kesan yang elegan karena visualnya yang menarik. Jika dinding anda berwarna putih, pilihlah material dari kayu agar terlihat unik serta senada.

  • Desain multifungsi

Desain yang satu ini banyak digemari oleh banyak orang karena sifatnya yang multifungsi. Memang tangga ini tidak memiliki lebar yang luas, namun adanya rak-rak untuk penyimpanan berbagai jenis barang memberikan fungsi ganda yang optimal. Anda dapat meilih material dari kayu pinus atau jenis kayu lain yang memberikan kesan cerah serta natural.

  • Desain gantung

Desain tangga rumah minimalis yang selanjutnya adalah desain gantung. Desain ini menciptakan kesan bobot yang ringan serta sesuai dengan konsep rumah minimalis. Dinding dengan cat berwarna putih dapat anda pilih agar serasi dengan desain tangga rumah ini.

  • Desain Spiral

Desain tangga rumah ini adalah yang paling sering dijumpai pada rumah minimalis. Desain ini tidak memerlukan banyak ruang karena bentuknya yang berputar mengelilingi sebuah tiang. Ada berbagai macam model yang dimiliki desain ini. Misalnya dengan menambahkan railing ukiran serta berbagai bentuk anak tangga yang menarik.

  • Desain melayang

Desain melayang merupakan desain tangga rumah yang menarik secara visual. Sebenarnya tangga ini tidak melayang, anak-anak tangganya kuat serta kokoh Karena didukung oleh tembok pada sisi tangganya. Material yang sesuai untuk desain ini adalah kayu karena menciptakan kesan hangat untuk rumah anda.

Demikianlah tips desain tangga rumah minimalis untuk referensi anda. Desain tangga rumah terkadang memang tidak terlalu diperhatikan. Padahal, desain yang menarik dapat menambah citra visual yang elegan pada rumah anda. Nah, sudahkah anda menentukan desain tangga rumah?

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment