Tips Jual Rumah Bagi Pemula

Menjual properti dan bangunan rumah, saat ini bisa menjadi bidang pekerjaan yang menguntungkan. Hal itu terjadi karena rumah ataupun tanah, merupakan aset investasi yang masih dirasa aman bagi banyak orang.

Namun, tentu saja menjual properti dan bangunan rumah merupakan hal yang perlu keahlian khusus, seperti koneksi, komunikasi, dan cara meyakinkan orang lain agar bisa membeli properti yang kita jual, misalnya saat kamu akan menjual rumah, kamu harus bisa meyakinkan calon pembeli dengan menjelaskan detail baik tentang rumah.

Sebelum menjual rumah dan menawarkannya pada calon pembeli, kamu juga perlu memperhatikan tips menjual rumah seperti berikut ini.

1. Sertakan Deskripsi yang Jelas dan Detail

Sebelum kamu siap menawarkan rumah yang kamu jual ke calon pembeli, poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah memberi gambaran tentang rumah yang kamu jual, dengan deskripsi yang jelas dan detail.

Deskripsi rumah yang jelas dan detail, seperti detail ruangan yang ada di dalam rumah, kondisi sekitar rumah, sumber listrik dan air yang digunakan, jenis atap yang dipakai, dan lain sebagainya.

Namun sebelum itu, kamu perlu merapikan rumah yang mau kamu jual, dan periksa kekurangan rumah yang perlu diperbaiki, seperti kebocoran rumah, tingkat kecerahan cat pada rumah, kekokohan bangunan, kerapian taman, dan lain sebagainya. Pastikan rumah dalam keadaan rapi dan nyaman, sebelum siap diiklankan ke calon pembeli.

2. Pastikan Rapi dan Bersih

Saat kamu mengiklankan rumah yang mau kamu jual, pastikan foto rumah pada iklan dalam kondisi rapi dan bersih. Kemudian, ketika terdapat calon pembeli yang ingin melakukan survey, kamu juga perlu pastikan bahwa interior rumah dalam kondisi bersih dan rapi.

Jangan sampai ruangan dipenuhi barang-barang yang tidak diperlukan, karena akan menambah kesan kumuh. Jangan sampai juga lantai kotor dengan debu atau tanah, karena akan menambah kesan bahwa rumah tidak dirawat dengan baik.

Jadi, sebelum ada calon pembeli yang datang untuk mensurvey rumah, pastikan kamu merawat rumah yang akan dijual dengan baik ya. Sehingga calon pembeli akan yakin, bahwa apa yang diiklankan sesuai dengan keadaan aslinya.

3. Lengkapi Dokumen penting

Tips selanjutnya sebelum kamu menjual rumah, adalah melengkapi dokumen penting tentang rumah yang akan kamu jual, seperti surat kepemilikan tanah, AJB, IMB, PBB, dan bukti pembayaran tagihan.

Hakikatnya, calon pembeli pasti menanyakan setiap surat kelengkapan rumah. Karena membeli rumah, haruslah cermat dan teliti. Sehingga bagi kamu yang akan menjual rumah, pastikan kamu jujur dan amanah dalam menjualnya. Dengan begitu, proses jual-beli rumah akan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Kelengkapan dokumen kelengkapan rumah juga bisa meningkatkan harga jual rumah yang kamu tetapkan. Jangan sampai harga rumah yang kamu jual merosot anjlok, karena kurang lengkapnya dokumen resmi mengenai rumah yang dibutuhkan.

4. Perluas Koneksi

Poin keempat yang penting kamu perhatikan adalah, mengiklankan rumah yang ingin dijual di banyak tempat, seperti website My Properti Indonesia ya. Dengan menaruh iklan di banyak tempat, kamu akan lebih banyak mendapat kesempatan untuk bertemu banyak calon pembeli, karena banyak orang yang melihat listing properti kamu.

Terlebih saat ini, tempat mengiklankan rumah juga sudah banyak kita temui melalui internet, ataupun sosial media.

Dalam mengiklankan rumah yang ingin dijual, kamu bisa sertakan detail rumah melalui foto atau kalimat yang menarik namun tetap jujur. Sehingga bisa menambah keyakinan bagi calon pembeli, untuk melanjutkan proses jual-beli selanjutnya.

5. Tentukan Harga

Poin penting selanjutnya adalah menentukan harga untuk rumah yang akan kamu jual. Hal ini mungkin merupakan hal yang sulit jika kamu pemula. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Dalam menentukan harga rumah yang akan dijual, kamu bisa mulai menyesuaikannya dengan melihat tingkat strategis antara rumah dan lingkungan sekitar, luas bangunan dan luas tanah yang akan dijual, jarak rumah dengan fasilitas umum, kondisi rumah yang dijual, dan semacamnya.

Kemudian, jika kamu ingin menggunakan jasa agen properti untuk membantu penjualan rumah, kamu bisa menemuinya untuk berkonsultasi, dan melihat cara mereka menawarkan rumah kepada kliennya, kemudian resmikan kerjasama.

Untuk memilih agen properti dalam membantu menjual rumah, pastikan bahwa mereka adalah agen yang aktif melakukan follow up kepada calon pembeli, jujur dan pandai melakukan negosiasi harga dengan calon pembeli.

6. Siapkan Tempat Tinggal Kamu

Tips keenam yang merupakan bagian penting saat menjual rumah, adalah menyiapkan tempat tinggal untuk kamu singgahi setelah mendapatkan pembeli. Karena saat tanda tangan kesepakatan sudah selesai, kamu harus sesegera mungkin meninggalkan rumah yang kamu jual, dan menyerahkannya ke pembeli.

Jika kamu sudah siapkan tempat tinggalmu selain rumah yang ingin kamu jual, kamu akan lebih merasa tenang dan tidak tergesa-gesa dalam mencari tempat tinggal.

Nah, begitulah 6 tips yang bisa kamu penuhi sebelum menjual rumah. Kemudian, jika kamu mau membeli atau menjual lahan, rumah dan bangunan lain, kamu bisa sertakan di laman My Property Indonesia. Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lainnya, ya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Website | + posts

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas