Tips Membeli Rumah Bersubsidi

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk membeli rumah impian yang nyaman. Bagi beberapa orang memilih untuk membeli rumah bersubsidi merupakan solusi yang dapat diambil. Hal tersebut dipilih karena mereka dapat membeli rumah dengan harga yang lebih terjangkau serta kredit yang lebih mudah.

Walaupun demikian, sebaiknya anda tetap memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli rumah bersubsidi. Kadang kala beberapa rumah bersubsidi memiliki kondisi yang seadanya, baik dari sisi infrastruktur, atau masalah dalam sanitasi.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut tips membeli rumah bersubsidi yang sebaiknya anda perhatikan:

  • Lokasi

Tips membeli rumah bersubsidi yang pertama adalah memperhatikan lokasi rumah yang akan anda beli. Sebaiknya pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat anda bekerja. Hal tersebut sangatlah penting dan berpengaruh. Apabila jarak antara rumah dengan tempat bekerja tidak terlalu jauh, maka anda dapat mengirit biaya transportasi. Anda pun dapat lebih tenang serta tidak stress karena kelelahan di perjalanan.

  • Perhatikan rekam jejak pengembang

Tips membeli rumah bersubsidi yang kedua adalah perhatikan rekam jejak pengembang. Sekarang ini banyak pengembang yang memproduksi rumah bersubsidi. Anda harus memastikan bahwa pengembang rumah subsidi tersebut mempunyai pengalaman yang luas serta baik dalam membangun rumah. Anda juga dapat menanyakan kapan rumah bersubsidi yang telah anda beli selesai dibangun. Kebanyakan pembangunan rumah bersubsidi cukup cepat bahkan kurang dari setahun.

  • Periksalah kondisi listrik dan air

Tips membeli rumah bersubsidi yang selanjutnya adalah memeriksa kondisi listrik dan air. Ketika rumah bersubsidi anda telah selesai dibangun, biasanya jaringan listrik atau air belum dipasang. Oleh karena itu, sebaiknya anda memastikan hal tersebut kepada pengembang agar jaringan listri serta air segera dipasangkan. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti kesulitan mencari air ataupun tidak adanya jaringan listrik.

  • Perhatikan kualitas bangunan

Tips membeli rumah bersubsidi yang berikutnya adalah memperhatikan kualitas bangunan dari rumah bersubsidi yang akan anda beli. Anda dapat memantau secara langsung proses dibangunnya rumah bersubsidi yang anda beli. Sebaiknya anda sering berkunjung ke lokasi rumah bersubsidi untuk memastikan material yang digunakan berkualitas baik, terjamin, serta sesuai dengan apa yang telah dijanjikan oleh pengembang. Apalagi bagi anda yang membeli rumah bersubsidi dengan memakai cara inden.

  • Periksalah septic tank

Tips membeli rumah bersubsidi yang selanjutnya adalah periksalah septic tank pada tumah bersubsidi anda. Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan karena berhubungan dengan kebersihan pada sanitasi. Ukuran selayaknya untuk septic tank adalah 1.5 meter ke bangunan serta 10 meter ke sumur pompa air.

  • Pilihlah lokasi yang jauh dari banjir

Tips membeli rumah bersubsidi yang terakhir adalah memilih lokasi rumah bersubsidi yang jauh dari daerah banjir. Walaupun harga rumah bersubsidi lebih terjangkau, anda tidak ingin rumah yang anda miliki terkena banjir setiap musim hujan bukan? Oleh karena itu, lakukanlah survey untuk memilih rumah bersubsidi yang tidak rawan banjir. Selain itu, sebaiknya anda juga memperhatikan apakah rumah bersubsidi tersebut dilalui alat transportasi umum atau tidak.

Demikianlah tips membeli rumah bersubsidi bagi anda yang berminat untuk memiliki jenis rumah yang satu ini. Semoga tips membeli rumah bersubsidi ini bermanfaat serta dapat dijadikan referensi untuk anda. Nah, apakah anda mulai tertarik untuk membeli rumah bersubsidi ini?

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment