Tips Membuat Desain Rumah Bergaya Tropis

Negara Indonesia terletak tepat di tengah garis khatulistiwa, yang artinya Indonesia memiliki iklim tropis. Walaupun hanya 2 musim yang dilewati Indonesia yaitu musim hujan dan kemarau, kamu akan melewati musim-musim tesebut selama 6 bulan lamanya.

Curah hujan yang tinggi di musim hujan dan suhu udara diatas rata-rata adalah beberapa contoh kendala yang harus dihadapi setiap musimnya. Oleh karena itu, agar kamu tetap nyaman saat berada di rumah, kamu harus menyesuaikan desain rumah bergaya tropis.

Lantas, bagaimana cara membuat desain rumah bergaya tropis? Jika kamu tertarik membuat rumah bergaya tropis agar dapat membuat rumah lebih nyaman, yuk simak tips dari artikel My Property Indonesia berikut ini!

  • Konsep open space

Membuat rumah dengan konsep open space merupakan yang paling utama dalam membuat rumah bergaya tropis. Dengan membuat konsep open space, sirkulasi udara yang dapat terjaga dan kelembapan di dalam ruangan akan dapat menyesuaikan dengan cuaca apapun.

Jika kamu takut dengan masalah privasi karena memiliki rumah dengan konsep open space, kamu tidak usah khawatir. Para arsitek pastinya sudah memikirkan layout yang terbaik dan solusi tersendiri agar kamu bisa menggunakan konsep open space untuk rumahmu sekaligus tetap menjaga privasi penghuni rumah.

  • Perbanyak interior bebahan kayu

Suasana tropis sangat kental dengan konsep natural. Agar rumah kamu benar-benar memenuhi kriteria rumah bergaya tropis, hal tersebut harus didukung dengan menggunakan interior-interior yang berbahan kayu.

Dengan menggunakan interior berbahan kayu, rumah kamu akan terasa lebih hidup dan natural. Selain itu, fungsi dari pemakaian interior berbahan kayu adalah untuk memaksimalkan cahaya yang masuk, karena warna kayu dapat memantulkan cahaya dan membuat suatu ruangan lebih terang dari biasanya

  • Menggunakan kaca berukuran besar

Rumah bergaya tropis biasanya menggunakan sinar matahari untuk penerangan utamanya dimulai dari pagi hingga sore. Oleh karena itu, untuk rumah dengan model ini sangat cocok untuk memperbanyak kaca berukuran besar agar lebih banyak cahaya yang masuk dan juga sirkulasi udara lebih lancar. Keuntungan lain yang didapat dari menggunakan kaca berukuran besar adalah kamu bisa menghemat penggunaan listrik untuk penerangan.

  • Plafon yang tinggi

Dengan menggunakan kaca berukuran untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk, otomatis akan membuat suhu ruangan menjadi tinggi. Oleh karena itu, dengan meninggikan plafon ruangan, udara panas yang memiliki massa yang ringan akan terangkat keatas dan menjadikan suhu di bawah tetap sejuk. Biasanya, untuk rumah bergaya tropis ini memiliki plafon rumah setinggi 3 meter.

  • Perbanyak tanaman di sekitar rumah

Nuansa tropis dan natural dari suatu rumah akan semakin terasa jika pada rumah tersebut terdapat banyak tanaman. Dengan banyaknya tanaman di sekitar rumah, akan berfungi untuk membuat suhu di sekitar rumah menjadi lebih sejuk dan dapat menyaring udara kotor.

Itulah tips-tips untuk membuat desain rumah bergaya tropis. Hal-hal tersebut dapat dilakukan dimulai dari memperbanyak tanaman agar dapat membuat rumah menjadi lebih sejuk atau dengan memperbanyak interior berbahan kayu, dan dilanjutkan merenovasi rumah agar sesuai dengan gaya tropis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lain juga. Di My Property Indonesia kamu akan menemukan berbagai informasi seputar properti yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Padjadjaran

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas