Tips Membuat Ruangan Tanpa Jendela Jadi Lebih Terang

Dalam satu rumah, biasanya ada saja salah satu ruangan yang tak mempunyai jendela dan membuat ruangan tersebut gelap karena tidak adanya cahaya yang masuk dari luar ruangan. Hal tersebut mengakibatkan ruangan itu hanya dijadikan ruangan tak terpakai atau hanya sebagai gudang tempat penyimpanan barang tak terpakai.

Padahal, ruangan tanpa jendela tersebut dapat kamu manfaatkan lebih baik jika kamu dapat membuat ruanganmu menjadi lebih terang walaupun tanpa jendela. Dengan beberapa tips-tips sederhana, kamu bisa menjadikan ruangan tak berjendela tersebut menjadi ruangan pribadi yang menyenangkan dengan desain interior yang artistik.

Lantas, apa saja tips-tips membuat ruangan tanpa jendela agar menjadi lebih terang? Jika kamu tertarik mengubah ruangan tanpa jendela yang ada dirumahmu agar lebih terang, yuk simak tips-tips dari My Property Indonesia berikut ini!

  • Memilih cat berwarna terang

Saat kamu mempunyai ruangan yang tak mempunyai jendela, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecat dinding ruangan tersebut dengan warna yang terang. Hal tersebut dilakukan agar cat dapat memantulkan cahaya dari lampu agar membuat ruangan lebih terang.

Warna-warna yang kamu bisa gunakan untuk ruangan yang tak mempunyai jendela adalah seprti warna putih, abu-abu, maupun pastel cerah.

  • Menggunakan pintu kaca

Ruangan tak berjendela biasanya ruangan tersebut adalah ruangan yang kecil dan terletak di tengah rumah. Karena tak ada cahaya dari luar yang dapat masuk, kamu dapat mengakali hal tersebut dengan menggunakan pintu kaca.

Dengan menggunakan pintu kaca, akan membuat ruangan tersebut akan terasa lebih lapang dan luas serta ada cahaya yang masuk melewati pintu kaca tersebut dari ruangan yang lain.

  • Memasang cermin besar

Memakai cermin berukuran besar adalah salah satu trik dekorasi yang mungkin banyak orang sudah mengetahui hal tersebut. Dengan menggunakan cermin berukuran besar, selain dapat memantulkan cahaya sehingga ruangan menjadi lebih terang, dengan adanya cermin berukuran besar juga dapat membuat ruangan yang sempit terasa lebih luas.

  • Memakai perabotan tembus pandang

Selain mengakali dari warna cat dan pintu, kau juga bisa menempatkan perabotan yang dapat memantulkan cahaya agar membuat ruangan menjadi lebih terang. Perabotan yang dapat memantulkan cahaya ini biasanya terbuat dari arklirik dan plastik yang dapat tembus pandang.

Dengan menggunakan barang-barang menggunakan bahan dasar seperti arklikri dan plastic yang tembus pandang, akan membuat ruangan terasa lebih artistik dan memberikan kesempatan lebih agar kamu dapat berkreasi dengan desain interior ruangan tersebut.

  • Memakai finishing glossy

Jika ruanganmu sudah terlanjur menggunakan warna yang tidak begitu cerah, kamu bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan finishing berbahan satin atau gloss yang bersifat reflektif yang bersifat memantulkan cahaya.

Keunggulan lain selain dapat memantulkan cahaya agar lebih terang, menggunakan finishing glossy adalah kamu tidak perlu khawatir jika ada noda yang menempel pada dinding, karena dengan permukaan yang halus, noda yang menempel akan hilang dengan hanya kain basah saja.

Itulah tips-tips untuk ruangan tanpa jendela agar lebih terang. Dengan memanfaatkan tips-tips diatas, kamu dapat merubah ruangan yang gelap dan minim cahay tersebut menjadi ruangan yang terang dan artistik di saat yang bersamaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lain juga. Di My Property Indonesia kamu akan menemukan berbagai informasi seputar properti yang sesuai budget kalangan muda.

+ posts

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Padjadjaran

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas