Tips Membuat Taman Indah di Atap Rumah

Apabila anda tinggal di daerah perkotaan, mungkin inilah kesempatan untuk mengubah balkon atau ruang atap rumah anda menjadi sebuah taman yang indah. Teras atap anda harus terasa seperti tempat persembunyian, ketenangan dan relaksasi, serta tempat pelarian dari kebisingan hiruk-pikuk kota yang sibuk.

Apabila anda masih bingung apa langkah pertama yang harus dilakukan, berikut tips membuat taman indah di atap rumah:

  • Ingatlah space yang anda miliki

Tips membuat taman indah di atap rumah yang pertama adalah mengingat space atau ruang yang anda miliki pada atap rumah. Biasanya, taman atap rumah cenderung berada di sisi kecil, dan umumnya lebih kecil dari kebanyakan taman pada umumnya. Namun, tak perlu khawatir karena anda tetap bisa menggunakan ruang yang anda miliki dengan perencanaan yang tepat. Tetapi perlu diingat bahwaaAnda perlu mempertimbangkan ruang yang anda miliki serta cara terbaik untuk menggunakannya.

Misalnya, furnitur besar mungkin tidak ideal di ruangan kecil, jadi anda dapat menggunakan furnitur taman yang bisa dilipat seperti kursi geladak. Sehingga anda bisa menyesuaikan ruangan tergantung orang yang bersantai di sana. Sediakanlah 4 kursi, tetapi cukup gunakan 2 kursi saja jika tidak ada siapapun yang berkunjung. Dengan begitu, anda dapat memiliki banyak ruang untuk bersantai di sebagian besar waktu. Anda hanya perlu mengeluarkan furnitur tambahan saat ada tamu.

  • Buatlah sederhana pada awalnya

Tips membuat taman indah di atap rumah yang kedua adalah membuat taman atap anda sederhana pada awalnya. Saat anda bekerja dengan ruangan yang lebih kecil, jangan terburu-buru mengemas terlalu banyak barang sekaligus. Buat perubahan dan penyesuaian sedikit demi sedikit dan biarkan diri anda mempertimbangkan ruang serta apa yang sebenarnya dibutuhkan pada atap rumah anda. Sebagian orang terburu-buru untuk mendapatkan banyak tanaman, furnitur, serta dekorasi BBQ. Kemudian menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak memerlukan hal-hal tersebut. Buatlah sesederhana mungkin pada awalnya, perhatikanlah space pada atap rumah anda. Kemudian tambahkan secara bertahap saat anda mulai menyadari bahwa anda menginginkan atau membutuhkan sesuatu untuk ditambahkan pada taman indah di atap rumah anda. Hal ini akan menghemat banyak kerumitan serta menghemat biaya pengeluaran.

  • Buatlah senyaman mungkin

Tips membuat taman indah di atap rumah yang ketiga adalah buatlah taman di atap rumah anda terasa senyaman mungkin. Bagi kebanyakan orang, taman atap adalah tentang relaksasi dan ketenangan. Penting juga untuk memikirkan tentang lantai atap seperti menambahkan kerikil atau bebatuan. Hal tersebut membuat anda dapat menikmati berjalan-jalan tanpa alas kaki. Hal-hal kecil seperti inilah yang menjadikan kenyamanan anda sebagai prioritas, sehingga akan mengubah cara anda dalam menikmatinya serta seberapa sering anda menggunakannya.

  • Pertimbangkan jadwal dan gaya hidup anda

Meskipun menakjubkan memiliki taman atap yang indah dengan dipenuhi tanaman dan bunga yang menakjubkan, anda perlu mempertimbangkan dengan cermat apakah anda punya waktu atau tidak untuk merawatnya. Tanaman dan bunga membutuhkan cinta dan perhatian. Jadi jika anda sering bepergian untuk bisnis, atau tidak terlalu suka berkebun, mungkin ada baiknya melihat bunga dan tanaman palsu sebagai gantinya. Membeli yang palsu bukanlah hal yang buruk, hal ini lebih baik daripada membuang-buang uang untuk membeli yang asli dan kemudian membuat mereka layu dan mati dalam beberapa minggu.

  • Buatlah tempat berteduh

Hal yang rumit tentang taman atap adalah kurangnya tempat berteduh. Anda tentu tidak ingin duduk di bawah terik matahari pada tengah hari bukan? Anda pasti mendambakan sedikit hiburandengan tempat berteduh. Membuat sebuah tempat di area yang teduh tidak perlu sulit, anda bisa menambahkan kanopi kanvas di atas area duduk.

  • Pikirkan tentang privasi anda

Tips membuat taman indah di atap rumah yang selanjutnya adalah memikirkan privasi anda. Privasi mungkin tidak menjadi masalah bagi anda jika atap rumah anda adalah salah satu yang tertinggi. Tetapi jika tidak, kemungkinan besar, atap rumah anda mungkin diabaikan oleh atap atau apartemen orang lain. Oleh karena itu, selalu menyenangkan untuk menambahkan beberapa dekorasi ke taman atap rumah yang juga dapat berfungsi sebagai layar privasi. Tanaman tinggi memiliki peran luar biasa untuk hal ini, seperti pagar tinggi atau pagar bambu halus. Tanaman hijau yang tumbuh di atas kanopi kayu bekerja sangat baik untuk privasi.

  • Mintalah saran

Apabila warna dan dekorasi bukan keahlian anda, mengapa tidak meminta teman dan keluarga untuk memberikan masukan tentang desain? Apabila anda memiliki teman atau anggota keluarga yang memiliki taman atap rumah yang menakjubkan, ajaklah mereka untuk datang dan melihat taman atap rumah anda dan mintalah kepada mereka beberapa saran. Terkadang hal itu membantu mendapatkan perspektif baru sehingga anda benar-benar dapat menjelajahi semua opsi dan menjadi lebih kreatif.

Demikianlah tips membuat taman indah di atap rumah. Apakah anda mulai tertarik untuk mulai merancang taman atap rumah yang anda inginkan? Kalau begitu, yuk mulai dari sekarang!

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment