Tips Menciptakan Kolam Ikan Mungil di dalam Rumah

Ada berbagai cara untuk menghadirkan sensasi alam ke dalam rumah anda. Salah satunya adalah dengan menciptakan kolam ikan di sudut rumah tertentu. Banyak orang mengklaim bahwa memiliki kolam membawa keceriaan tersendiri bagi keluarga. Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk berdiri di dekat kolam dan mengamati ikan berenang kesana-kemari.

Apabila anda tertarik untuk menciptakan kolam ikan di dalam rumah untuk menghadirkan suasana yang ceria, namun masih bingung untuk memulainya darimana. Berikut tips menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah:

  • Buatlah ukuran dua kali lipat

Tips menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah yang pertama adalah mengenai ukuran kolam. Apabila ada penyesalan yang pernah dibagikan oleh pembuat kolam, itu pasti tentang ukuran kolam. Rencana awal mereka ternyata berbeda dari apa yang diharapkan. Hal ini karena banyak dari mereka yang membangun kolam yang kokoh, sehingga mereka tidak mungkin membangun kembali kolam ikan tersebut, kecuali apabila mereka memulai dari awal lagi. Jadi, aturan pertama dari menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah adalah menggandakan ukuran kolam ikan yang akan anda ciptakan.

Cara lain untuk mengatasi masalah ukuran ini adalah dengan membangun kolam menggunakan rubber liner. Apabila anda pernah mendengar bahwa alat ini membutuhkan banyak usaha, itu tidaklah benar. Bahan plastik justru memberi anda fleksibilitas untuk kedalaman dan lebarnya. Tidak peduli seberapa dalam atau lebarnya anda menyiapkan area tersebut, rubber liner dapat mengatasinya.

  • Menggali cukup dalam

Tips menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah yang kedua adalah menggali cukup dalam. Pada awalnya, anda mungkin mengatakan bahwa anda tidak menginginkan ikan-ikan di dalam kolam tersebut. Beberapa hari kemudian, anda mungkin dapat berubah pikiran. Hal ini seharusnya tidak menjadi masalah jika anda telah memberikan kedalaman yang tepat serta cukup dalam untuk ikan-ikan yang akan anda pelihara.

Kolam yang lebih dangkal dari 24 inci tidak cocok untuk ikan apapun. Saat cuaca panas, air akan menguap dan saat cuaca dingin, air akan berubah menjadi kolam es. Kedalaman ideal untuk membesarkan ikan mas adalah minimal 36 inci. Ikan yang lebih besar seperti Koi tentunya membutuhkan kolam yang lebih dalam yaitu minimal 48 inci. Apabila anda tidak berencana untuk memelihara ikan apapun, buatlah menjadi sedalam 24 inci. Pengukuran ini memastikan kolam yang bagus pada cuaca apapun.

  • Buatlah sistem filtrasi

Tips menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah yang selanjutnya adalah membuat sistem filtrasi. Bahkan untuk kolam kosong pun, penyaringan sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk mencegah genangan air. Kalau tidak, kolam anda akan menjadi rumah jentik nyamuk. Filtrasi bahkan sangat penting apabila anda memiliki ikan di dalamnya.

Pastikan anda memasang ukuran sistem filtrasi yang tepat. Langkahnya adalah membeli filter terbesar yang mampu anda beli. Hal ini dapat memastikan aliran air yang sehat dan habitat di dalamnya.

  • Buatlah rak level

Tips menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah yang terakhir adalah membuat rak level. Kolam yang bagus biasanya dikelilingi oleh tumbuhan-tumbuhan alami. Untuk menciptakan kesan tersebut, anda membutuhkan rak khusu untuk tanaman. Secara umum, Anda harus membuat dua level.

Tingkat pertama sedalam 24 inci di dalam kolam. Ini merupakan tempat yang sempurna untuk menanam tanaman dan bunga lili air. Tingkat kedua harus sedalam 12 inci. Ini akan menjadi lahan subur bagi tanaman kecil yang ditempatkan pada tepi kolam.

Sedangkan pembangunan tambak ikan, mengingat pembangunannya saja belum cukup. Anda harus memikirkan keindahan dan kepraktisannya. Gandakan ukuran kolam asli anda, selama area yang diperlukan masih tersedia.

Demikianlah tips menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah. Apakah anda mulia tertarik dan ingin segera mengaplikasikannya pada area rumah anda? Jika begitu, tunggu apalagi? Ayo mulai menciptakan kolam ikan mungil di dalam rumah!

Website | + posts

My Property Indonesia adalah platform tipe C2C dalam bidang periklanan properti yang berfokus di Indonesia. Hampir semua jenis properti yang dijual dan disewakan bisa di iklankan di platform ini secara gratis dan berbayar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas