Tips Menciptakan Ruang Kantor di Rumah Anda!

Setelah pandemi melanda seluruh dunia, aktivitas masyarakat menjadi terbatas serta harus selalu mengikuti protokol kesehatan ketika bepergian keluar rumah. Hal ini berdampak pada sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah persoalan tempat bekerja bagi para karyawan kantor. Pandemi telah menciptakan istilah baru bagi dunia kerja yaitu work from home. Istilah ini mengacu pada aktivitas bekerja yang mulanya berada di sebuah kantor, menjadi rumah masing-masing individu.

Bekerja memang tak selalu harus berada di dalam kantor. Sekarang ini anda dapat melakukannya di dalam rumah anda sendiri. Apalagi mengingat pandemi yang sedang melanda dunia serta adanya aturan social distancing yang harus dipatuhi. Memilih bekerja dari dalam rumah anda sendiri adalah sebuah pilihan yang benar untuk saat ini.

Apabila anda sudah memutuskan untuk work from home atau bekerja dari rumah, tentu menciptakan ruang kantor di rumah anda adalah sebuah langkah awal yang benar. Nah, berikut ini adalah tips yang dapat anda jadikan sebagai acuan dalam menciptakan ruang kantor di rumah anda:

  • Cahaya

Cahaya merupakan tips menciptakan ruang kantor di rumah anda yang pertama. Sebuah ruang kerja yang nyaman, tentu harus memiliki pencahayaan yang baik. Hal ini dilakukan agar pekerjaan yang sedang anda kerjakan tidak terganggu oleh pencahayaan yang buruk atau. Hal ini dapat disiasati dengan menciptakan ruang kantor yang dekat dengan jendela atau bisa juga dengan menambahkan lampu meja sesuai dengan keinginan serta kebutuhan anda.

  • Sirkulasi Udara

Hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan ruang kantor di rumah anda yang selanjutnya adalah sirkulasi udara yang baik. Apabila ruang kantor yang sedang anda gunakan untuk work from home tidak terasa nyaman karena kondisi yang panas, tentu hal tersebut dapat menggangu kinerja anda dalam bekerja. Hal ini dapat anda atasi dengan menggunakan air conditioner (AC) atau bisa juga dengan kipas angin. Selain itu, ruang kantor yang menggunakan atap ceiling tinggi juga dapat menjadi pilihan anda. Ketiga pilihan tersebut bergantung pada keinginan serta kebutuhan anda.

  • Pemandangan

Menciptakan ruang kantor di rumah tentu harus membuat anda dapat berkonsentrasi dengan penuh ketenangan. Anda cukup menempatkan ruang kantor yang menghadap ke jendela rumah. Hal tersebut dapat membantu anda agar mudah menatap pemandangan yang ada di luar rumah. Seperti melihat taman, kolam, ataupun tanaman yang ada di sekitar rumah anda. Hal ini bermaksud untuk mengistirahatkan mata anda sejenak apabila lelah dalam bekerja. Semoga dengan trik ini, anda dapat menemukan berbagai inspirasi untuk pekerjaan yang anda tekuni.

  • Posisi Meja

Apabila anda benar-benar menginginkan sebuah kenyamanan, ketenangan, serta konsentrasi penuh dalam bekerja dari rumah, maka sebaiknya tempatkanlah meja dengan posisi yang pas dan benar. Alangkah baiknya anda tidak memposisikan komputer atau laptop dengan membelakangi jendela. Hal tersebut dapat menggangu konsentrasi anda ketika menatap komputer atau laptop karena menyebabkan layar menjadi silau. Posisi meja kerja yang baik dan benar adalah dengan menempatkannya dengan menghadap jendela atau pada sisi kanan atau kirinya.

  • Warna Cat

Pemilihan warna cat untuk menciptakan ruang kantor di rumah anda juga merupakan hal yang penting. Sebaiknya pilihlah warna yang cocok untuk diaplikasikan pada ruang kantor anda. Beberapa warna yang sesuai untuk digunakan adalah putih, hijau muda, biru, serta ungu. Pemilihan warna cat ini dimaksudkan untuk menambah semangat kerja serta konsentrasi yang tinggi.

Demikianlah tips menciptakan ruang kantor di rumah anda. Apakah anda mulai tertarik untuk menciptakan suasana yang nyaman ketika melakukan work from home? Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk segera ciptakan ruang kantor di rumah anda sendiri!

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment