Tips Penempatan Jendela pada setiap Ruangan

Apabila anda sedang membangun rumah baru atau merenovasi rumah saat ini, salah satu pertanyaan terbesar adalah di mana harus memasang jendela baru. Sebuah jendela bisa dibilang fitur paling penting dari rumah anda karena dapat menghadirkan cahaya alami dan memberikan pemandangan dari luar ruangan.

Tapi ada berapa banyak jendela yang anda butuhkan? Dan bagaiamana menempatkannya? Mari jawab pertanyaan ini dengan memeriksa setiap ruangan di rumah. Berikut tips penempatan jendela pada setiap ruangan:

  • Depan rumah

Tips penempatan jendela pada setiap ruangan yang pertama adalah dari depan rumah anda. Ini adalah area rumah yang paling banyak membutuhkan jendela. Jendela memberikan daya tarik pada tepi jalan rumah anda karena mereka terlihat oleh tetangga dan orang yang lewat.

Ada beberapa cara untuk menangani penataan jendela di bagian depan rumah anda. Beberapa orang memilih hanya satu jendela dengan ukuran besar. Namun, sebaiknya letakkan jendela tepat di atas pintu untuk mengundang cahaya ke jalan masuk rumah anda.

Pilihan lainnya adalah menempatkan beberapa jendela di depan rumah anda. Tidak semua jendela harus memiliki ukuran yang sama atau bahkan jenis jendela yang sama. Namun, mereka harus memiliki pola trim dan grille yang serasi untuk menciptakan kesan simetris dan keseimbangan.

  • Kamar tidur

Tips penempatan jendela pada setiap ruangan yang kedua adalah kamar tidur. Dalam kamar tidur, fungsionalitas lebih penting daripada tampilan. Jendela kecil lebih disukai karena anda tentu menginginkan cahaya masuk ke kamar tidur sesedikit mungkin di malam hari. Anda ingin memastikan jendela memiliki ukuran dan tinggi yang tepat untuk kode kebakaran lokal, terutama jika ruangan berada di lantai dua.

  • Ruang tamu atau ruang keluarga

Tips penempatan jendela pada setiap ruangan yang ketiga adalah ruang tamu atau ruang keluarga. Ruang tamu bisa menjadi lokasi yang bagus untuk jendela dengan ukuran besar. Tetapi anda perlu memastikan bahwa pemandangan tersebut benar-benar bermanfaat. Misalnya, anda mungkin merasa agak canggung melihat langsung ke jalan yang selalu sibuk. Lebih baik jika anda dapat memilih lokasi jendela yang memberikan pemandangan luar ruangan.

Manfaat lain dari jendela ruang tamu besar adalah cahaya terang yang diundang ke dalam ruangan. Namun, pastikan cahaya dari jendela tidak meninggalkan silau di layar televisi anda. Jendela yang menghadap ke timur atau barat bisa menjadi masalah. Namun, jika tidak ada tempat lain untuk meletakkan jendela, anda dapat mengatasi masalah dengan menggunakan tirai.

  • Ruang kerja

Tips penempatan jendela pada setiap ruangan yang selanjutnya adalah ruang kerja. Studi menunjukkan bahwa cahaya alami dapat meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan kualitas hidup setiap insan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memilih lokasi jendela ruang kerja di mana anda bisa mendapatkan cukup cahaya.

Tetapi penempatan jendela di ruang kerja rumah bisa jadi lebih rumit. Jendela anda harus berada pada posisi yang benar agar tidak meninggalkan silau di layar komputer. Menempatkan jendela empat kaki atau lebih di atas tanah sangat penting untuk menghindari sinar matahari yang menyilaukan.

Jika memungkinkan, posisikan jendela sehingga menghadap utara atau selatan, bukan timur atau barat. Sinar matahari yang keras dapat mengalir melalui jendela yang menghadap ke timur atau barat, sehingga anda sulit melihat komputer.

  • Dapur

Dapur menjadi tips penempatan jendela pada setiap ruangan yang selanjutnya. Dengan banyaknya item di dapur, mungkin sulit untuk menemukan tempat yang tepat untuk jendela anda. Kebanyakan orang memilih untuk menempatkan jendela di atas wastafel, sehingga mereka dapat melihat keluar saat mencuci piring. Tetapi jika harus meraih wastafel untuk melihat jendela, anda sebaiknya memilih jendela yang mudah dibuka dan ditutup. Jendela tingkap adalah opsi fungsional karena anda memutar engkol untuk membukanya ke luar.

  • Kamar mandi

Tips penempatan jendela pada setiap ruangan yang terakhir adalah kamar mandi. Jendela kamar mandi harus diposisikan cukup tinggi agar dapat menikmati sinar matahari dengan tetap menjaga privasi anda. Skylight adalah pilihan yang sangat baik.

Demikianlah tips penempatan jendela pada setiap ruangan. Semoga informasi ini dapat menginspirasi anda. Nah, apakah anda sudah mulai tertarik untuk merenovasi jendela pada setiap ruangan di rumah anda?

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment