Tips Tanam dan Merawat Bunga Krisan Agar Halaman Rumah Kian Cantik

Selama era pandemi yang terjadi sejak satu tahun yang lalu, acapkali kita melihat hobi masyarakat yang tidak terduga-duga. Misalnya saja, banyak orang yang tiba-tiba memborong tanaman untuk diletakkan di halaman rumah. Mulai dari tanaman sayur, tanaman bumbu-bumbu dapur, sampai tanaman hias.

Tren masyarakat sejak 2020 tentang memelihara tanaman, tak disangka ternyata masih melekat hingga hari ini. Saat ini, jika kita lihat di sosial media, banyak masyarakat yang masih mengunggah postingan tanaman hias yang mereka rawat.

Dengan melihat hal tersebut, kita bisa ketahui, sebenarnya tren mengenai memelihara tanaman, merupakan tren yang bisa berakhir dengan kebiasaan baik. Karena ternyata, merawat tanaman memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Selain dapat menjadi kegiatan untuk mengisi waktu luang, merawat tanaman juga bisa merelaksasi pikiran dari stress akibat kegiatan yang terus berulang.

Dari banyaknya jenis tanaman yang tren di kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia, bunga krisan adalah salah satu tanaman hias yang dipilih kebanyakan orang. Hal itu terjadi karena bunga krisan memiliki 40 ragam variasi, dan memiliki warna yang begitu cantik dan dapat memikat hati.

Jika kamu adalah salah satu orang yang juga menyukai bunga krisan, dan berniat untuk merawatnya di halaman rumah kamu, yuk simak empat tips berikut ini:

1. Pilih Jenis Krisan

Beragamnya jenis bunga krisan, seringkali membuat kita bingung untuk memilih salah satunya. Namun, untuk membantu kamu, terdapat empat jenis bunga krisan yang biasa ditanam di pot rumah. Diantaranya Krisan Pompom, Krisan Anemone, Krisan Daisy, dan Krisan Spider.

2. Siapkan Peralatan Menanam

Selanjutnya, sebelum kamu membayangkan betapa indahnya bunga krisan ada di halaman rumah, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan peralatan dan media tanamnya. Diantaranya seperti pot berukuran sedang, guna menambah rasa bebas bagi bunga krisan yang nantinya akan terus tumbuh.

Kemudian, siapkan juga media tanam, yaitu tanah dicampur dengan sabut atau serbuk kelapa, gambut, dan arang sekam dengan perbandingan 4:4:1. Buatlah takaran yang sesuai agar tanaman bisa tumbuh dengan sehat dan cantik. Selanjutnya, barulah kamu siapkan benih atau bibit tanaman krisan yang sudah kamu pilih untuk dirawat.

3. Perhatikan Cara Menanamnya

Setelah semua bahan dan peralatan sudah siap. Kamu bisa menanam benih yang berkualitas dari benih bunga yang kamu beli, dengan menaruh lima sampai enam benih pada bagian tengah media tanam.

Peletakannya bisa disesuaikan dengan pola yang kamu inginkan, sehingga saat sudah tumbuh, akan terlihat semakin menarik. Namun, pastikan untuk tidak menaruhnya terlalu dekat, karena perambatan akar akan tertumpuk, dan dikhawatirkan bisa mengurangi kualitas ketahanan tanaman kamu.

4. Rawatlah dengan Baik

Tips keempat yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menjaga tanaman tetap tumbuh dengan baik adalah proses merawat yang dilakukan secara teratur. Saat kamu menentukan untuk merawat bunga krisan, kamu harus siap untuk selalu menyiramnya di pagi hari.

Hal itu perlu dilakukan karena bunga krisan dalam pot baiknya disiram saat pagi hari. Ingat juga untuk menyiramnya di bagian batang atau akar, hindari menyiram pada daun.

Kemudian, kamu juga perlu memberi pupuk pada tanaman bunga krisan. Gunakanlah pupuk berbahan organik, agar tidak tercemar bahan kimia. Untuk pemupukan, lakukan setidaknya satu kali dalam dua minggu dengan ukuran larutan pupuk sebanyak 20-10-20 saat sedang menyiram tanaman.

Hal penting terakhir dalam merawat tanaman ialah dengan memperhatikan cahaya matahari yang diterima tanaman bunga krisan. Hindari menyinarinya dengan sinar buatan seperti lampu.

Karena bunga krisan termasuk jenis tanaman yang tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa gunakan rumah kaca, atau menaruhnya di bawah paranet, sehingga sinar matahari yang diterima tanaman bisa terlebih dahulu tersaring.

Nah, begitulah empat tips dalam menanam dan merawat bunga krisan dalam pot yang bisa kamu taruh di halaman rumah. Kemudian, jika kamu mau membeli atau menjual lahan, rumah dan bangunan lain, kamu bisa sertakan di laman My Property Indonesia. Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel kami yang lainnya, ya. My Property Indonesia memberikan tips serta informasi seputar properti rumah yang sesuai budget kalangan muda.

Website | + posts

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment
    Lewat ke baris perkakas